alexametrics

Pemulangan Anak Eks ISIS, DPR Minta Jokowi Tak Seperti Donald Trump

14 Februari 2020, 17:29:37 WIB

JawaPos.com – Anggota Komisi III DPR, Didik Mukrianto meminta pemerintah berhati-hati mengambil kebijakan untuk memulangkan anak-anak eks ISIS kembali ke tanah air. Menurutnya, memisahkan anak dari orang tua malah akan membuat problem baru.

“Problemnya adalah secara psikologis apakah kemudian anak-anak di bawah umur apakah harus dipisahkan dengan orang tuanya? Itu menjadi problem dasar,” ujar Didik di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (14/2).

Ketua DPP Partai Demokrat ini meminta pemerintah tidak meniru kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Menurut Didik, Trump kala itu membuat kebijakan memisahkan anak-anak dari para orang tuanya yang merupakan warga negara Meksiko.

“Jangan sampai seperti kebijakan yang diambil oleh Donald Trump ketika banyak pengungsi Meksiko orang tuanya enggak boleh masuk, tapi anak-anaknya diambil. Ini kan bakal menimbulkan persoalan baru terhadap anak-anak,” katanya.

Menurut Didik, pemerintah tidak perlu gegabah memulangkan anak-anak eks ISIS. Perlu ada kajian mendalam sehingga tidak menimbulkan polemik ke depannya.

“Pertimbangan matang, tentu tidak lepas kemudian (mempertimbangkan) langkah-langkah dunia langkah PBB dalam menangani persoalan ini,” ungkapnua.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi membuka peluang memulangkan anak-anak WNI bekas pengikut ISIS jika ada yang telantar di Timur Tengah. Namun, pemerintah akan mengidentifikasi mereka terlebih dulu.

“Kita memang masih memberikan peluang untuk yang yatim, yatim-piatu, yang anak-anak. Tapi, kita belum tahu apakah ada atau tidak ada,” kata Jokowi.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads