alexametrics

Turunkan Angka Stunting, Kominfo Siapkan Infrastruktur Komunikasi

14 Januari 2022, 09:45:43 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo cukup menaruh perhatian serius terhadap upaya percepatan penurunan angka stunting atau gizi buruk di Indonesia. Menanggapi hal ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, menyatakan bahwa Kemenkominfo memberikan dukungan upaya itu melalui program-program strategis komunikasi publik, penyediaan pusat data dan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi untuk akses internet.

Johnny menyatakan, penanganan stunting perlu dimulai dengan melakukan sosialisasi dengan skala nasional. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo telah menyiapkan dukungan komunikasi publik.

“Pak Usman (Dirjen IKP Kominfo) sudah menyiapkan program sosialisasi penurunan stunting, bahkan saya minta mulai di TV agar langsung dilaporkan kepada masyarakat. Program talkshow sudah jalan semuanya,” ujarnya dalam pertemuan dengan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (13/01).

Menurut Johnny, komunikasi publik dilaksanakan sebagai bentuk kampanye pemerintah dengan berbagai macam strategi. Sedangkan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, juga perlu mengampanyekan secara efektif dengan menyasar masyarakat luas.

Johnny menegaskan, berdasarkan dokumen dari BKKBN berkaitan dengan percepatan penuruan stunting di Indonesia masih terdapat beberapa provinsi dengan angka stunting rata-rata di atas 30 persen. Padahal, Pemerintah menetapkan target setiap tahunnya harus mencapai 10 persen.

Oleh karena itu, Menkominfo mendorong upaya komunikasi juga dilakukan serius seiring dengan penanganan stunting. Menurutnya, target yang diberikan Presiden bisa mudah dicapai kalau ditangani dengan serius.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads