JawaPos Radar | Iklan Jitu

Begini Mekanisme SK Jenazah Lion Air yang Tidak Teridentifikasi

13 November 2018, 15:55:59 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Begini Mekanisme SK Jenazah Lion Air yang Tidak Teridentifikasi
Ilustradi jenazah korban Lion Air (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rumah Sakit Polri Jakarta tidak akan mengeluarkan surat kematian bagi jenazah pesawat Lion Air JT-610 yang tidak berhasil diidentifikasi. Adapun yang mengeluarkannya adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Kepala Tim Disaster Victim Investigation (DVI) Polri Kombes Pol Lisda Cancer mengatakan, pihaknya hanya akan mengeluarkan surat kematian terhadap korban yang berhasil diidentifikasi.

"Kalau sudah teridentifikasi kita keluarkan, kalau belum, kita tidak bisa mengeluarkan surat kematian," ujarnya di RS Polri, Jakarta, Selasa (13/11).

Bagi yang tidak teridentifikasi, berdasarkan fatwa Mahkamah Agung, bahwa Dukcapil untuk mengeluarkan surat itu mengacu kepada UU Nomor 1 tahun 2009 pasal 178.

Ayat (1) berbunyi, penumpang yang berada dalam pesawat udara yang hilang, dianggap telah meninggal dunia, apabila dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah tanggal pesawat udara seharusnya mendarat di tempat tujuan akhir tidak diperoleh kabar mengenai hal ihwal penumpang tersebut, tanpa diperlukan putusan
pengadilan.

Sementara ayat (2) mengatakan, hak penerimaan ganti kerugian dapat diajukan setelah lewat jangka waktu 3 (tiga) bulan sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

Aturan ini muncul ketika tragedi jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 di perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah pada Desember 2014 lalu. Kata Lisda, kala itu ada 60 jenazah yang tidak teridentifikasi. Lantas Kementerian Perhubungan meminta fatwa ke MA.

Dalam kasus Lion Air, aturan itu bisa dipakai. Bahwa penumpang yang berada di pesawat yang hilang dianggap meninggal dunia apabila dalam jangka waktu 3 bulan setelah pesawat udara mendarat.

"Nah ini mungkin yg harus disosialisasikan bahwa keluarga penumpang harus bersabar nunggu tiga bulan. Artinya, penumpang yang tidak teridentifikasi jika tidak tahu hal ikhwalnya gimana kan, tanpa diperlukan putusan pengadilan. Artinya ini Dukcapil langsung mengeluarkan surat kematian tersebut," jelasnya.

Jika memang ada jenazah yang tidak teridentifikasi, pihaknya akan melaporkan ke Dukcapil untuk mengurus surat kematiannya.

"Sehingga hak-hak korban kayak asuransinya, saldo berapa miliar itu bisa keluar, terus acc di bank, mau ambil deposito misalnya suaminya punya deposito kan istrinya ggak bisa ambil di bank kalau nghak ada surat kematian suaminya," pungkas Lisda. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up