alexametrics

Sambut Baik Kepercayaan Arab Saudi Izinkan Umrah Jamaah Indonesia

13 Oktober 2021, 14:03:30 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily menyambut baik keputusan Kerajaan Arab Saudi yang kembali membuka kesempatan untuk penyelenggaraan ibadah umrah jamaah Indonesia. Ace menilai hal tersebut tidak lepas dari semakin terkendalinya penanganan Covid-19 di dalam negeri.

“Prinsipnya, bagi kami, dengan kebijakan ini menunjukkan bahwa Pemerintah Arab Saudi telah menunjukkan kepercayaan terhadap Indonesia dalam penanganan Covid-19,” kata Ace dalam keterangannya, Rabu (13/10).

Ace menyampaikan, kabar dibukanya kembali umrah merupakan hal yang menggembirakan bagi umat Islam di Indonesia. Ia menyadari, umat Islam di Indonesia sudah rindu untuk kembali ke Tanah Suci karena sebelumnya diterapkan pembatasan akibat penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, tentu kita patut bersyukur atas dibukanya kembali ibadah umrah untuk Muslim dari Indonesia,” ucapnya.

Dirinya pun meminta pemerintah segera menyiapkan aturan teknis agar calon jamaah umrah dapat mengikuti aturan yang diterapkan Pemerintah Arab Saudi, terutama soal protokol kesehatan dan ketentuan yang terkait dalam penyelenggaraan umrah di Tanah Suci itu.

Untuk diketahui, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Nur Arifin juga mengatakan, kesiapan itu utamanya pada aspek akses data dan penggunaan aplikasi. Sebab, teknis penyelenggaraan umrah di masa pandemi banyak memanfaatkan layanan sistem informasi.

“Alhamdulillah, hari ini kita sampai pada kesepakatan, Kemenkes setuju untuk membuka data pada aplikasi PeduliLindungi dalam rangka mendukung penyelenggaraan ibadah umrah,” ungkap dia, Rabu (13/10).

“Kemenkes akan menyediakan fasilitas website tertentu bagi publik untuk dapat mengakses data sertifikat vaksin dalam aplikasi PeduliLindungi, saat QR Code dilakukan scanning,” pungkasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads