alexametrics

Polri Lakukan Pengadaan Pelat Nomor Warna Putih Tahun Depan

13 Agustus 2021, 14:18:45 WIB

JawaPos.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerapkan pelat nomor dengan warna dasar putih dan tulisan hitam. Namun, program ini tidak akan diterapkan pada tahun ini.

Kasubdit STNK Korlantas Polri AKBP M.Taslim Chairuddin mengatakan, implementasi program ini dijalankan secara bertahap. Langkah pertama yakni mengubah regulasi. Di mana semula mengacu kepada Perkap Kapolri Nomor 5 Tahun 2012, yang sekarang diubah menjadi Perpol Nomor 7 Tahun 2021.

Perkap sendiri bersifat perunjuk teknis (juknis) bagi anggota Regident Polri. Sedangkan Perpol memiliki cakupan lebih luas dan bisa mengikat masyarakat.

“Setelah regulasinya keluar, baru masuk ke tahap berikutnya, yaitu implementasinya,” kata Taslim dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Jumat (13/8).

Implementasi dari kebijakan tersebut juga dilaksanakan bertahap mengikuti manajemen anggaran pemerintah. Penganggaran bisa dilaksanakan tahun ini, sehingga tahun depan bisa pengadaan material TNKB. Setelah itu baru bisa dipasang di kendaraan bermotor milik masyarakat.

“Pemasangannya juga harus bertahap, dimulai dari kendaraan baru yang akan didaftarkan, kendaraan yang masa berlaku TNKBnya habis,” jelas Taslim.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: