alexametrics

Dokter Lois Ditangkap Terkait Hoaks, Ini Komentar PB IDI

13 Juli 2021, 11:25:09 WIB

JawaPos.com – Jagat media sosial belakangan ini digemparkan posting-an seorang dokter bernama Lois Owien. Lois menulis bahwa dirinya tidak percaya pada Covid-19. Kematian ribuan pasien disebutnya bukan karena Covid-19, melainkan akibat interaksi beberapa obat yang bermasalah.

Akibat pernyataannya itu, Lois kini harus berurusan dengan hukum.

Dia ditangkap polisi karena dianggap menyebarkan berita bohong yang meresahkan masyarakat. Lois juga dituding menghalangi upaya penanggulangan wabah penyakit.

Selain di media sosial, pernyataan-pernyataan kontroversial Lois ditayangkan di sebuah acara televisi yang dipandu advokat Hotman Paris. Dalam acara tersebut, Lois mengatakan bahwa pasien yang meninggal itu disebabkan interaksi enam jenis obat.

Kabagpenum Divhumas Polri Kombespol Ahmad Ramadhan menuturkan, penangkapan terhadap dokter Lois merupakan tindak lanjut dari laporan model A. Itu adalah laporan tertulis yang dibuat polisi yang menyaksikan sendiri terjadinya pelanggaran hukum.

Lois ditangkap Minggu (11/7). Kemarin Lois masih menjalani pemeriksaan. ”Dokter L diduga menyebarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran di masyarakat,” tuturnya. Pernyataannya juga diduga menghalangi penanggulangan wabah penyakit menular. Lois menyebarkan hoaks tersebut dalam tiga platform media sosial. ”Yang bersangkutan diamankan di Polda Metro Jaya dan akan dipindahkan ke Bareskrim,” terangnya. ”Barang bukti yang diamankan adalah tangkapan layar di media sosial,” lanjut Ramadhan.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : idr/lyn/c7/oni

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads