alexametrics

Abai Pakai Masker Saat Kumpul dengan Teman Picu Naiknya Kasus Covid-19

13 Juli 2020, 17:28:19 WIB

JawaPos.com – Penggunaan masker menjadi kunci untuk mencegah penularan virus Korona. Apalagi kini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengumumkan bahwa mikro droplet yang mengandung virus Korona bisa melayang di udara selama berjam-jam. Jika tak pakai  atau salah memakai masker, siapa saja berpotensi tertular. Termasuk saat berada di ruang kantor atau berkumpul dengan teman kerja.

Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Pemerintah Untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers, Senin (13/7). Dia menyesalkan banyak orang yang mengabaikan protokol kesehatan terutama dalam penggunaan masker.

“Masih banyak masyarakat di sekitar kita yang belum jalankan protokol kesehatan. Banyak sekali yang tak disiplin dan konsisten untuk menggunakan masker. Ini jadi penyebab kasus terus menerus terjadi. Tak pakai masker, pakai masker tak benar, dan tak jaga jarak,” tukasnya.

“Kami ingatkan, kuncinya ada di kita. Kesungguhan kita. Jaga jarak 1-2 meter dengan orang lain,” tegasnya.

Yurianto mengingatkan di era New Normal saat ini ketika semua orang sudah kembali bekerja ke kantor, tetap wajib memakai masker di tengah kolega atau rekan kerja sekalipun mereka sudah kita kenal dan akrab. Sebab kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) semakin banyak ditemukan.

“Gunakan masker harus dilakukan sekalipun kita merasa berada di tengah-tengah orang yang kita kenal seperti kolega dan rekan kerja kita setiap hari,” jelasnya.

“Jika tidak, kesalahan dan pertambahan kasus justru terjadi di tempat sepertu itu. Karena kesalahan itu. Kita tak tahu siapa yang kena,” paparnya

Menurutnya penggunaan masker efektif untuk mencegah penularan. Lakukanlah dengan konsisten sepanjang waktu saat sedang bekerja sekalipun.

“Jangan merasa di tengah-tengah orang yang kita kenal baik, kolega kerja, lalu kita merasa aman tak pakai masker atau salah pakai masker. Tetap wajib kita gunakan masker di sepanjang waktu bekerja dan sepanjang keluar rumah,” katanya.

Saksikan video menarik berikut ini:

 

 

 

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani



Close Ads