alexametrics

166 Ribu Personel Polri Dikerahkan Kawal Mudik Lebaran 2022

13 April 2022, 13:48:33 WIB

JawaPos.comPolri terus melakukan persiapan untuk mengawal masyarakat yang akan mudik di musim libur Idul Fitri atau Lebaran 2022 ini. Hal ini setelah pemerintah membolehkan masyarakat mudik.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djuanaedi mengatakan, sebanyak 166 ribu personel gabungan dari Korps Bhayangkara akan disiagakan untuk mengawal jalannya mudik Lebaran 2022.

“Jadi sebanyak 166.743 personel dari Mabes Polri, Polda dan instansi terkait lainnya,” ujar Eddy saat dikonfirmasi, Rabu (13/4).

Eddy menuturkan, personel yang dipersiapkan untuk menghadapi segala situasi saat mudik itu. Termasuk juga mereka nantinya akan disiagakan di titik posko-posko mudik di banyak kota.

Polri nanti akan mendirikan pos pengamanan dan pos pelayanan. Di pos yan itulah nanti bersama sama steakholder terkait lainnya ditempatkan ruang untuk vaksin maupun booster,” katanya.

Sebelumnya, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djuanaedi mengungkapkan, pihaknya sudah memprediksi terjadinya puncak arus mudik dan arus balik pada Lebaran 2022 ini. Kata dia, untuk puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022. Sedangkan arus balik ada di tanggal 7-8 Mei 2022.

Eddy mengungkapkan, titik-titik rawan terjadinya kemacetan adalah di jalan arteri, kemudian jalan tol dan juga di tempat-tempat wisata. Sementara untuk kemacetan yang terjadi di jalan tol seperti di rest area, Eddy menuturkan Korlantas Polri akan memberlakukan buka tutup atau one way dan contraflow. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan.

Sebagai informasi, pemerintah telah memutuskan melonggarkan sejumlah aturan terhadap pembatasan kegiatan masyarakat jelang Ramadan. Kasus Covid-19 yang terus menurun melandasi keputusan tersebut.

Pemerintah mengizinkan umat muslim untuk melakukan ibadah salat Tarawih berjemaah di masjid ataupun musala. Masyarakat juga dipersilakan melaksanakan mudik Lebaran tahun 2022 ini. Pemerintah juga sudah menetapkan hari libur nasional Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 2-3 Mei 2022. Sementara, cuti bersama berlangsung pada 29 April dan 4-6 Mei 2022.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: