alexametrics

Prambanan dan Borobudur Bisa Dipakai Kegiatan Umat Hindu dan Budha

13 Februari 2022, 12:49:09 WIB

JawaPos.com – Pemerintah menyepakati Candi Prambanan dan Borobudur dapat dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan umat Hindu dan Budha se-dunia. Kesepakatan ini tertuang dalam Nota Kesepakatan (MoU) Pemanfaatan Candi Prambanan dan Candi Borobudur untuk Kepentingan Agama Umat Hindu dan Umat Budha Indonesia dan Dunia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik penandatangaan MoU tersebut. Menurutnya, ini akan lebih menguatkan keselarasan dan kerjasama semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan dan memanfaatkan candi dalam perspektif nilai spiritual kebudayaan.

“Melalui Nota Kesepakatan ini, semua stakeholder dapat mengidentifikasi peran dan ruang yang dapat diakses masing-masing,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Cholil tersebut, Minggu (13/2).

Khusus kepada umat Hindu dan umat Budha beserta seluruh organisasi keagamaannya, ia berharap dapat mengambil momentum ini untuk menggelar berbagai aktivitas keagamaan. “Silakan mempersiapkan berbagai agenda untuk ibadah keagamaan umat Hindu dan umat Budha Indonesia serta dunia,” imbuhnya.

Dirinya pun menambahkan, pemanfaatan Candi Prambanan dan Candi Borobudur untuk kegiatan keagamaan ini adalah salah satu langkah nyata pemerintah dalam merealisasikan program strategis destinasi wisata superprioritas yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Candi Prambanan dan Candi Borobudur ini memang secara nyata memiliki kelebihan luar biasa. Baik dalam hal nilai spiritual, kebudayaaan, dan keindahan alamnya,” tutur Gus Cholil.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini: