alexametrics

Hargai Perbedaan, Begini Sikap Korban Bom Thamrin Hadapi Pemilu 2019

13 Januari 2019, 13:15:00 WIB

JawaPos.com – Sahabat Thamrin menggelar peringatan serangan terorisme pada 14 Januari 2016 silam. Adapun mereka adalah korban dari tragedi yang membuat aktivitas di Jalan MH Thamrin lumpuh beberapa menit itu.

Namun tak seperti tahun-tahun sebelumnya dengan menabur bunga di lokasi ledakan bom, peringatan kali ini berbeda. Mereka hanya membacakan sebuah pesan agar masyarakat Indonesia merawat perbedaan.

Pesan itu disampaikan mengingat tahun ini Indonesia akan melaksanakan pemilihan umum. Tentu masyarakat terbelah karena memiliki pilihan masing-masing. Diketahui agenda demokrasi lima tahunan kali ini hanya terdapat dua pasangan calon yang akan menjadi presiden dan wakil presiden.

Salah satu anggota Sahabat Thamrin, Agus Kurnia mengatakan, segala cara dilakukan oleh kelompok yang berbeda pendapat hingga memancing pertikaian. Berita hoax pun menghantam bertubi-tubi, ujaran kebencian kepada lawan politik dianggap potensial mengguncang perdamaian bahkan membuat perpecahan dalam satu keluarga.

Situasi ini dikhawatirkan bisa dimanfaatkan para pelaku teror. Terlebih, peristiwa teror pada dasarnya adalah upaya pelaku untuk menunjukkan bahwa mereka memilih pilihan dan keyakinan yang berbeda.

“Perbedaan itu hendak mereka laksakan agar kita mau memilih sikap yang sejalan dengan pemikiran  mereka. Cara apapun mereka lakukan, termasuk mengancam dan menebar ketakutan,” ujar Agus di depan kedai kopi di bahu Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (13/1).

Untuk itu Sahabat Thamrin katanya menetapkan sikap untuk tidak memihak kubu paslon manapun. “Kami mengajak masyarakat untuk menghargai perbedaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat,” tegasnya.

Sahabat Thamrin juga mengajak masyarakat untuk menyadari bahwa perbedaan adalah rahmat dan kelebihan bangsa Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika. Jika perbedaan disikapi secara negatif, katanya tidak menutup kemungkinan korban-korban perbedaan pemahaman dan keyakinan seperti pihaknya, akan terus bermunculan.

“Mari sama-sama kembali bergandengan tangan, rapatkan barisan. Kita terima perbedaan itu, kita semua bersaudara, sebangsa dan setanah air,” pungkas Agus. 

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Desyinta Nuraini



Close Ads
Hargai Perbedaan, Begini Sikap Korban Bom Thamrin Hadapi Pemilu 2019