alexametrics

Puncak Semeru Alami Perubahan Morfologi

BMKG Rilis Peringatan Lahar Hujan
12 Desember 2021, 11:18:07 WIB

JawaPos.com – Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru, Jawa Timur, pekan lalu memberikan dampak pada bentuk kawah dan puncaknya.

Plt Kepala Pusat Riset Aplikasi Pengindraan Jauh Lapan-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Rokhis Khomarudin mengatakan, Gunung Semeru mengalami perubahan bentuk di wilayah kawah dan lereng. Khususnya di wilayah bagian tenggara.

Menurut citra satelit USGS, bukaan baru aliran lava tersebut tercatat cukup besar. Ukurannya sepanjang 710 meter dengan lebar 110 meter. Adanya bukaan baru aliran lava dari aktivitas vulkanis Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) itu juga telah menyebabkan kerusakan lahan seluas 2.417,2 hektare.

”Terjadi perubahan di puncak Gunung Semeru, new lava flow,’’ jelas Rokhis kemarin (11/12).

Selain itu, berdasar citra satelit, jejak kerusakan erupsi Gunung Semeru melanda area seluas 2.417,19 hektare. Kerusakan luasan tersebut didapat dari analisis perbandingan sebelum letusan dengan data SPOT 7 tanggal 7 Desember 2021 (setelah bencana) serta data mozaik landsat 8 tahun 2021.

Sementara itu, kewaspadaan harus tetap dipegang warga sekitar Semeru. Pasalnya, hujan sedang hingga lebat berpotensi mengguyur kawasan puncak dan lereng gunung tertinggi di Jawa tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : far/c6/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads