alexametrics

Cegah Kekerasan Seksual, Kampus Wajib Bentuk Satgas PPKS per Juli 2022

12 November 2021, 20:11:49 WIB

JawaPos.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta kepada perguruan tinggi untuk membentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS). Hal itu tertuang dalam Permendikbudristek 30 Tahun 2021 tentang PPKS di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Nadiem pun menargetkan sebanyak 30 persen perguruan tinggi negeri (PTN) sudah memiliki Satgas pada Februari 2022. Lalu pada Juli 2022, 100 persen PTN diharapkan sudah memiliki Satgas PPKS.

“Sedangkan untuk Perguruan Tinggi Swasta kita mengharapkan hal yang sama, Februari 30 persen sudah membuat satgas, dan akhir Juli sampai 100 persen,” terang dia dalam Merdeka Belajar Episode 14 secara daring, Jumat (12/11).

Sama halnya untuk perguruan tinggi swasta, namun untuk pembentukan Satgas bisa dilakukan di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) masing-masing wilayah. Ini untuk mengatasi masalah sumber daya di PTS.

“Kami tetap berharap PTS membentuk sendiri, dan perguruan tinggi yang di bawah yayasan, terpadu, bisa membentuk satu satgas di tingkat yayasan,” ujarnya.

Adapun, tujuan Satgas adalah untuk melalukan investigasi kekerasan seksual. Sebab, bagi perguruan tinggi melindungi mahasiswa, dosen dan segenap civitas akademika dari kekerasan seksual adalah hal yang penting demi kelangsungan pembelajaran yang berkualitas.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads