alexametrics

Respons Soal Desa Fiktif, Wamen Kemendes Datangi Desa Siluman

12 November 2019, 18:06:20 WIB

JawaPos.com – Geger Desa fiktif menjadi salah satu yang sempat membuat Presiden Joko Widodo geram masih terus menuai sorotan. Namun, ada juga Desa Siluman yang baru saja dikunjungi oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi.

Dalam rangka melakukan kunjungan kerja, Budi bersama jajaran Kemendes PDT bertandang ke kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (12/11) pagi. Desa yang jadi tujuan Budi adalah sebuah desa bernama Siluman.

“Pagi ini saya ada di Desa Siluman di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang. Namanya betul-betul Desa Siluman, walaupun bukan berarti desa yang diributkan akhir-akhir ini,” ujar Budi melalui pesan videonya.

Diketahui, jika merujuk dari aplikasi Google Maps, Desa Siluman relatif tak begitu jauh dari Jakarta. Jika diukur dari kantor Kemendes yang berada di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan ke Desa Siluman jaraknya hanya sekitar 90 Kilometer (KM).

Budi menjelaskan, Siluman sudah menjadi sebuah desa pada 1908. Ketika masa Perang Kemerdekaan, kata mantan aktivis mahasiswa itu, Desa Siluman sering menjadi tempat persembunyian para pejuang.

“Jadi para pejuang kemerdekaan yang dikejar Belanda bersembunyi di Desa Siluman. Orangnya bisa menghilang,” katanya.

Namun, Budi memastikan, Desa Siluman yang berada di Subang, Jawa Barat itu bukanlah daerah fiktif penerima dana Anggara Pendapatan Belanja Negara (APBN), sebagai mana desa fiktif.

“Jadi ini Siluman tetapi bukan fiktif. Dana desanya dipakai untuk kemakmuran warganya,“ ujarnya.

Editor : Dimas Ryandi



Close Ads