JawaPos Radar | Iklan Jitu

Mahasiswa Terdampak Bencana Sulawesi Tengah Akan Diberi Beasiswa

12 Oktober 2018, 17:39:43 WIB | Editor: Kuswandi
Korban Gempa Sulteng
Anggota TNI memapah salah satu korban gempa, saat dievakuasi ke Bandara Mutiara SIS Al-Jufri, Palu (Sahrul Ramadan/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdiskti) memastikan akan memberi beasiswa kepada mahasiswa korban bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Hal tersebut untuk membantu mereka agar tetap bisa meneruskan studi meski sedang dilanda bencana.

Beasiswa itu diberikan baik bagi mahasiswa yang tengah kuliah di lokasi terdampak maupun mahasiswa yang berasal dari Palu dan Donggala dan sedang menempuh studi di kampus luar Sulteng. 

Berdasarkan data yang dimiliki Kemenristekdikti, saat ini terdapat 37  perguruan tinggi di wilayah Sulteng baik negeri maupun swasta dengan 61.827 mahasiswa. Sedangkan, terdapat 3.530 mahasiswa asal Sulawesi Tengah yang tengah menempuh studi di 35 perguruan tinggi di Indonesia.

"Jangan sampai mahasiswa terkatung-katung akibat bencana sehingga kuliah berhenti, jangan sampai terjadi. Nanti apa pembebasan biaya di kampus ataupun beasiswa, akan kita lakukan pembahasan bersama rektor," ujar Menristekdikti Mohamad Nasir melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Jumat (12/10).

Selain itu, berdasarkan data yang diperoleh dari tim penanganan bencana di Universitas Tadulako, sejauh ini tidak ada korban jiwa dari mahasiswa asing yang tengah menempuh studi di perguruan tinggi di Palu dan Donggala.

Mahasiswa asing yang tengah kuliah di Palu dan Donggala antara lain berasal dari Vietnam, Timor Leste, dan Thailand.

Sejauh ini, berbagai bantuan sudah dikirimkan dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan LPNK se-Indonesia. Bantuan yang berhasil dihimpun mulai dari bantuan materil hingga tenaga ahli medis, psikolog, ahli sanitasi dan tenaga ahli lainnya yang dibutuhkan bagi pemulihan pasca bencana. 

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up