alexametrics

Sri Mulyani: BJ Habibie Adalah Teladan Bagi Bangsa dan Pasangan

12 September 2019, 10:15:56 WIB

JawaPos.com – Kiprah Presiden RI ke-3 Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di bidang teknologi dan pembangunan memang membuat Indonesia melangkah maju. Ia bahkan berhasil membangun masa transisi yang baik dari era orde baru ke era reformasi. Hal itu juga diungkapkan para menteri di bidang perekonomian yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Saat melayat ke rumah duka, Rabu malam (11/9), Sri Mulyani mengungkapkan rasa kehilangannya atas sosok bapak bangsa yang berjasa bagi bangsa. Menurut Sri Mulyani, BJ Habibie telah membawa Indonesia ditengah masa kritis menuju era demokrasi yang terdesentralisasi hingga saat ini.

“Saya mengenal Pak Habibie sangat lama. Di dalam masa-masa kritis perubahan Indonesia menuju sistem demokrasi yang terbuka terdesentralisasi, beliau lah yang meletakkan jasa banyak sekali. Sangat singkat. Sangat menentukan arah Republik ini dengan berbagai legislasi menjadi pondasi bernegara sampai saat ini,” tegasnya.

Sri Mulyani juga menilai BJ Habibie adalah figur yang peduli dan cinta tanah air. Karir dan pencapaian yang luar biasa baik sebagai ilmuan dan eksekutif perusahaan, mengabdikan hidupnya tetap berada di Indonesia.

“Bahkan almarhum mengirim banyak Sumber Daya Manusia (SDM) ke luar negeri. Perjalanannya menjadi inspirasi bagi kita semua. Contoh dan teladan yang menjadi alasan bagi kita untuk terus optimis sebagai anak bangsa bisa maju ke depan,” ungkapnya.

Sri Mulyani juga terkesan dengan cinta Habibie yang begitu besar untuk mendiang istrinya, Hasri Ainun Besari. Menurutnya, sebagai suami, Habibie adalah figur yang juga menjadi teladan bagi pasangan.

“Di Washington saat saya masih disana. Beliau (Habibie) juga di sana. Makan sore, minum teh, beliau bicara menjelaskan bukunya dan bercerita tentang ibu Ainun. Sosok suami yang kehilangan istri itu sangat menyentuh ya. Seorang presiden ternyata manusia biasa. Beliau menyampaikan di dalam bukunya suara hati dan perasaannya. Gambarkan cintanya luar biasa kepada ibu Ainun dan menjadi inspirasi,” jelas Sri Mulyani.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads