alexametrics

Romo Magnis: Bangsa Indonesia Sangat Beruntung Punya Pak Habibie

12 September 2019, 13:29:10 WIB

JawaPos.com – Rohaniawan sekaligus budayawan Franz Magnis Suseno (Romo Magnis) melayat ke rumah duka Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie. Mengenang jasa-jasa almarhum, Romo Magnis berpendapat Indonesia adalah bangsa yang beruntung karena memiliki seorang Habibie di era awal reformasi.

“Saya berpendapat bahwa Indonesia sangat untung bahwa Pak Habibielah yang sesudah Pak Harto mengundurkan diri menjadi Presiden Republik Indonesia,” kata Romo Magnis di rumah duka Habibie, Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Romo Magnis menyebutkan jasa-jasa Habibie dalam demokrasi. Seperti membebaskan tahanan politik, menempatkan hak asasi manusia ke posisi yang kuat, dan menawarkan referendum ke masyarakat Timor Timur, yang kini menjadi negara Timor Leste.

“Beliau punya keberanian untuk menawarkan kepada Timor Timur, yang sudah lebih 20 tahun diduduki, menyatakan pendapat mereka. Dan Indonesia merelakan mereka mencapai kemerdekaan,” ucap Romo Magnis.

Dia juga kagum dengan cara ksatria Habibie saat mengundurkan diri dari kedudukannya sebagai Presiden. Di mata Romo Magnis, Habibie merupakan sosok negarawan yang mengerti bagaimana memperlakukan kekuasaan.

“Saya juga kagum dengan cara ksatria dan elegan Pak Habibie mengundurkan diri dari kedudukan sebagai Presiden sesudah MPR tidak menerima laporannya,” jelas Romo Magnis.

Untuk diketahui, suasana di kediaman mendiang Bacharudin Jusuf Habibie di Taman Patra Kuningan sejak pagi, sudah ramai dipenuhi para pelayat. Para pelayat dari pejabat negara dan tokoh nasional satu per satu datang ke rumah duka.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads