alexametrics

Polisi Tangkap Ketua KNPB Mimika Terkait Kerusuhan Papua

12 September 2019, 10:37:05 WIB

JawaPos.com – Aparat Kepolisian kembali menangkap pihak yang diduga sebagai provokator kerusuhan di Papua. Penangkapan kali ini dilakukan kepada Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mimika, Steven Itlay. Saat ini, pelaku sedang diperiksa penyidik untuk mengetahui perannya dalam kerusuhan di bumi cendrawasih itu.

“Ya betul. Saat ini pelaku sedang didalami perannya dalam kerusuhan di Jayapura dan beberapa wilayah di Papua. Diduga terkoneksi dengan Benny Wenda,” ujar Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis (12/9).

Dugaan awal, polisi menduga Steven berperan menggerakan massa di Mimika untuk unjuk rasa di Mimika. Dan juga mengatur mobilisasi massa dari Sentani. “(Steven) Mengirim instruksi kepada seluruh pimpinan KNPB wilayah (untuk unjuk rasa),” imbuh Dedi.

Steven diamankan di Gerbang Uncen, Papua, pada Rabu (11/9) pukul 17.56 WIT. Dari tangannya turut diamankan barang bukti berupa 4 telepon genggam, uang tunai Rp 5,5 juta, 1 flash disk, dan 1 mobil yang digunakan tersangka.

ILUSTRASI Kerusuhan di Papua. (Cepos/Jawa Pos Group)

Dalam catatan kepolisian, Steven bukan orang baru. Dia pada 19 Oktober 2012 terlibat kasus handak dan makar. Dari kasus itu dia divonis 8 bulan. Pada 5 April 2016 dia kembali terlibat kasus makar, dan divonis pidana yang sama.

“September 2018 (Steven) DPO kasus kakar yang ditangani Ditreskrimum Polda Papua, kasus ini pengembangan kasus makar WNA atas nama Yacob Febian,” pungkas Dedi.

Sebelumnya, intimidasi yang dialami mahasiswa Papua di Malang, dan Surabaya, Jawa Timur berbuntut panjang. Senin (19/8) pagi kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat dan beberapa titik lain. Sejumlah elemen masyarakat menggelar demontrasi di sejumlah titik. Kontak senjata pun terjadi antara petugas keamanan dengan kelompok perusuh dari Paniai di depan kantor Bupati Deiyai, Rabu (28/8). Akibatnya 1 orang anggota TNI tewas dan 5 aparat lainnya terkena panah.

Total sampai dengan Kamis (5/9), polisi telah menetapkan 87 orang tersangka dalam kerusuhan ini. Mereka terdiri dari pihak yang berada di Papua dan Papua Barat, Jawa Timur, serta DKI Jakarta. Belum lama ini, polisi juga menangkap IBL yang diduga sebagai aktor intelektual lapangan yang menyebabkan kerusuhan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads