alexametrics

Kesan Hatta Radjasa dan Sandiaga Uno Soal BJ Habibie Semasa Hidup

12 September 2019, 09:32:49 WIB

JawaPos.com – Sejumlah pejabat dan tokoh berdatangan melayat ke rumah duka almarhum Presiden ke-3 almarhum Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie di Patra Kuningan, Jakarta. Termasuk politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Radjasa dan Mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno yang juga melayat ke rumah duka, Rabu malam (12/9).

Hatta Radjasa memberikan kesan-kesannya atas sosok mendiang BJ Habibie selama hidupnya. Menurut Hatta, Bapak Teknologi dan ilmuwan itu memberikan catatan penting bagi para generasi muda.

“Ada 4 ya yang bisa dikenang dari sosok almarhum atas jasanya. Yang pertama adalah sosok ilmuwan, bapak teknologi bangsa yang membangun rasa percaya diri. Menghilangkan rasa rendah diri,” kata Hatta.

Kedua, lanjutnya, almarhum juga mengubah Undang-Undang politik yang memungkinkan bangsa berpolitik bebas untuk berbuat perubahan dan berdemokrasi. Ketiga, almarhum juga banyak membangun SDM berkualitas ke seluruh penjuru bangsa.

“Keempat, di samping menekankan teknologi. Almarhum juga sangat menekankan inklusivitas. Sebagai bapak bangsa,” ungkap Hatta.

Sejumlah prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengangkat peti jenazah dari almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie menuju mobil ambulans di Rumah Jenazah Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9).  (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Kesan semasa hidup juga diungkap Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Sandiaga menyebut sosok Habibie sudah memberi angin segar bagi kemajuan pembangunan dan teknologi. Dia mengutip ucapan almarhum bahwa generasi muda harus pandai menangkap peluang dan merajut tenun kebangsaan agar meraih kesuksesan di masa depan.

“Tentu kita semua kehilangan. Saya memanggilnya dengan sebutan Om Rudi, beliau selalu bilang bahwa masa depan Indonesia ada di tangan generasi setelah eyang. Generasi muda harus pandai menangkap peluang, merajut tenun kebangsaan, untuk menjadi bangsa yang besar,” tutup Sandi.

Seperti diketahui, sejak semalam, Rabu (11/9), para tokoh mulai berdatangan untuk mendoakan BJ Habibie yang wafat dalam usia 83 tahun. Karangan bunga dan suara pengajian surat Yasin pun berkumandang.

Pantauan JawaPos.com, sejumlah tokoh yang datang di antaranya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Menteri Bappenas Bambang Brodjonegoro, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Radjasa, Sandiaga Uno dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

Pintu pagar rumah duka tertutup rapat untuk media agar lebih khusyuk dalam mendoakan almarhum. Tenda putih juga sudah digelar menutupi bagian atap rumah duka.

Terlihat pula karangan bunga di area rumah duka. Berbagai karangan bunga ucapan duka di antaranya dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Suara kumandang surat Yasin mulai dilantunkan menggunakan pengeras suara sejak pukul 21.00 WIB

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads