alexametrics

Capim KPK Firli Fit and Proper Test, Mahasiswa Bentangkan Spanduk SOS

12 September 2019, 20:59:03 WIB

JawaPos.com – Komisi III DPR menggelar fit and propper test terhadap Capim KPK Firli Bahuri. Tak seperti calon lainnya, kandidat dari kalangan Polri itu mengundang banyak perhatian. Tampak balkon di ruang komisi hukum sangat ramai diisi para pengunjung.

Pantauan JawaPos.com di ruang Komisi III DPR, di saat Firli sedang memaparkan pemaparannya, tiba-tiba sekolompok mahasiswa yang mengenakan almamater dari Universitas Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI (Unindra), dan Universitas Trisakti yang ada di balkon membuat ulah.

Mereka membentangkan sebuah poster yang bertuliskan SOS atau artinya kondisi darurat. Bahkan ada seorang mahasiswa yang membawa sebuah lampu laser dan mengarahkan ke Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin yang sedang memimpin jalannya fit and propper test.

Melihat ‎ada kegaduhan tersebut, petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR langsung bergerak cepat. Para mahasiwa itu langsung ditarik untuk diminta keluar dari ruangan, karena dianggap menggangu suasana jalannya fit and proper test tersebut.

“Kita hanya menonton dan menyampaikan aspirasi, dan kami tahu tidak boleh membuat kegaduhan,” ujar salah satu mahasiswa yang berteriak saat diamankan petugas Pamdal di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/9).

Sementara itu salah satu petugas Pamdal DPR, Herman mengatakan, semua pengunjung tidak boleh membuat gaduh suasana rapat atau fit and proper test yang sedang berlangsung saat ini.

“Ada aturannya, sudahlah kita enggak usah berdebat. Kami hanya menjalankan tugas,” kata Herman sembari mengamankan para mahasiswa.

Saat ini belasan mahasiswa tersebut sudah diamankan oleh petugas Pamdal DPR. Mereka diusir dari ruang balkon Komisi III DPR ke depan loby Gedung Nusantara II DPR RI.

Tak berapa lama kemudian, Fit and proper test pun kembali digelar. Rapat saat ini masih berlangsung dengan masing-masing Anggota Komisi III DPR sedang mengajukan pertanyaan ke mantan Deputi Penindakan KPK ini. (Gunawan Wibisono)

Foto: Para mahasiswa degelandang Pamdal DPR saat melakukan aksi di Balkon Komisi III DPR (foto: istimewa)

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads