alexametrics

Akun Instagram Ketimbang Ngemis Dihack, Pemilik Berharap Dikembalikan

12 Juli 2019, 07:00:59 WIB

JawaPos.com – Akun Instagram “Ketimbang Ngemis Jakarta” diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Informasi soal peretasan didapatkan langsung oleh followers Ketimbang Ngemis Jakarta. Informasi juga disebar oleh manajemen Ketimbang Ngemis.

“Kami memberitahukan kepada seluruh masyarakat Indonesia, teman-teman regional Ketimbang Ngemis, followers akun Instagram @ketimbang.ngemis.jakarta maupun seluruh pengguna Instagram bahwa pada Rabu (10/7) pukul 16.00, akun
lnstagram @ketimbangngemis Jakarta terkena hack oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas pihak Ketimbang Ngemis dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Manajemen pun meminta maaf atas ketidaknyamanan ini dan menyampaikan bahwa mereka tengah berupaya mendapatkan akun KNJ kembali. “Tim KNJ meminta bantuan doa dari kalian agar secepatnya akun Instagram Ketimbang Ngemis Jakarta bisa segera kembali dan juga mohon support dengan tidak me-report akun ataupun unfollow Instagram Ketimbang Ngemis Jakarta,” imbuh keterangan tersebut.

Dikonfirmasi mengenai peretasan ini, Hubungan Masyarakat Ketimbang Ngemis Mega Herlinda menuturkan, sebelum peretasan terjadi, tidak ada gejala yang aneh pada akun Instagram Ketimbang Ngemis Jakarta. “Sejak pagi tidak ada yang aneh. Saat kami ingin online sorenya, tiba-tiba akun tak bisa diakses,” tuturnya.

Dirinya juga baru menyadari bahwa akun Ketimbang Ngemis Jakarta diretas setelah menerima banyak pesan di akun Instagram pribadi mereka. Mereka kemudian langsung menghubungi pihak Instagram untuk mengembalikan akun tersebut.

“Sampai saat ini ada tiga IP Address berbeda dari tiga negara berbeda yang meretas akun tersebut. Kami sudah lapor ke pihak Instagram, tapi belum ada tanggapan,” papar Mega.

Mega menyebut, sebelum di-hack, akun Instagram Ketimbang Ngemis Jakarta memiliki hampir 79 ribu followers. Namun sejak aksi peretasan terjadi, followers mereka di Instagram Ketimbang Ngemis Jakarta berkurang cukup banyak.

Saat ini, pantauan JawaPos.com di akun tersebut, followers mereka hanya 77 ribuan saja. Peretas juga tampak melakukan update story di Instagram Ketimbang Ngemis Jakarta.

Tercatat ada tiga story Instagram yang dibuat peretas. Pertama, story akun tersebut berisi gambar bendera Turki, bentuk hati, dan bendera Indonesia. Instagram story berikutnya berbahasa Indonesia.

Screenshot akun Ketimbang Ngemis Jakarta (KNJ) diretas.

Story selanjutnya berisi tulisan “Saya baru meminjamnya selama tiga hari dan saya akan mengembalikannya. Pesan hukum akan dimulai dengan pengirim pesan yang buruk,” demikian tulisan story Instagram tersebut.

Sebagai informasi, organisasi nirlaba Ketimbang Ngemis telah berdiri sejak 2015. Saat ini, Ketimbang Ngemis memiliki anggota dari 84 regional di seluruh Indonesia.

Ketimbang Ngemis populer di Instagram dengan unggahan yang mendorong untuk membantu sesama, misalnya para pedagang yang sudah tua, cacat, atau sebagainya. Informasi tersebut ditujukan agar netizen membantu, misal dengan cara membeli dagangan penjaja tua.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads