alexametrics
Laporan Langsung dari Bern, Swiss

”Pemimpin Tak Boleh Terlihat Rapuh”

12 Juni 2022, 11:50:18 WIB

JawaPos.com – Ridwan Kamil mengingat anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz, sebagai sosok yang sangat baik dan inspiratif. Bukan hanya bagi keluarganya, tetapi juga banyak orang, terutama anak-anak muda. Gubernur Jawa Barat itu mengungkapkan, semasa hidupnya, Eril melakukan banyak perbuatan baik. ’’Umur anak saya bulan ini 23 tahun. Tapi, umur kebaikannya sangat panjang,’’ ujar Ridwan Kamil saat berada di KBRI Bern, Swiss.

Pria yang biasa disapa Emil itu menyampaikan, kehidupan Eril dan apa yang terjadi kepada anak pertamanya tersebut memberikan pelajaran untuk selalu menebar kebaikan. Ridwan Kamil lantas membagikan cerita tentang inspirasi yang bersumber dari sosok Eril meski putranya itu telah tiada.

Selama Eril dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, pada 26 Mei 2022 sampai jasadnya ditemukan, banyak cerita yang sampai ke telinga Emil. Dia bilang, selama 14 hari tersebut, banyak orang yang mengambil hikmah dan pelajaran. “Saya dengar ada anak yang batal bunuh diri setelah membaca peristiwa yang dialami Eril,” katanya.

Dia mengungkapkan, banyak juga cerita yang dirinya dengar bahwa banyak anak yang akhirnya mengunjungi orang tuanya. Begitu juga sebaliknya, banyak orang tua yang akhirnya lebih memberikan waktu untuk anak-anak mereka.

Emil menuturkan, hikmah lain yang bisa diambil dari kehidupan dan kematian Eril adalah ke mana pun manusia pergi, dunia ini adalah milik Allah. ’’Eril lahir pada 25 Juni 1999 di New York. Dia besar di Indonesia, di Jawa Barat, lalu berpulang di Eropa. Dunia ini milik Allah. Hanya manusia yang memisah-misahkannya menjadi negara-negara,’’ jelasnya.

Lepas dari semua peristiwa yang membangkitkan kesedihan itu, Ridwan Kamil ikhlas dan pasrah pada takdir yang digariskan Allah. Dia bilang, logika manusia tidak sama dengan Allah.

Lalu, mengenai pertanyaan banyak orang tentang ketegarannya, dia memberikan jawaban yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi semua orang tua maupun para pemimpin yang sedang diuji seperti dirinya. ’’Saya ini seorang pemimpin. Seorang pemimpin tidak boleh terlihat rapuh di mata rakyatnya. Itu pesan dari ibu saya,’’ tutur suami Atalia Praratya tersebut. (nar/c14/oni)

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Dinarsa Kurniawan

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads