alexametrics

Terbang ke Jatim, KPU Lantik 180 Komisioner KPUD

12 Juni 2019, 20:09:26 WIB

JawaPos.com – ‎Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal melantik 180 komisioner untuk 36 kabupaten/kota di Jawa Timur. ‎Pelantikan itu rencananya bakal dilakukan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, masa jabatan komisioner lama sudah berakhir pada Rabu (12/6) ini. Sehingga memang sudah harus dilantik pada besok Kamis (13/6).

Arief mengatakan, seharusnya ia sudah melantik hari ini. Tapi, karena KPU melakukan rapat pleno dan baru selesai tengah malam ‎kemarin Selasa (12/6), membahas soal pelantikan komisioner baru. Maka diputusakan pelantikan dilakukan pada Kamis (13/6).

“Karena kalau dilantik hari ini khawatir dari daerah yang jauh-jauh enggak bisa datang tepat waktu ke Jakarta untuk dilantik, malah nanti melantiknya berkali-berkali,” ujar Arief di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (12/6).

Arief mengatakan, pihkanya telah memutuskan bakal bertolak ke Jawa Timur melakukan pelantikan. Hal itu karena ada 180 orang di 36 kabupaten/kota yang bakal dilantik menjadi komisioner. Terlebih harga tiket pesawat saat ini mahal. Sehingga Arief memutuskan untuk terbang ke Surabaya, Jawa Timur.

‎”Apalagi sekarang tiket lagi susah dan harganya mahal. Bahkan kadang-kadang enggak ada. Kami berpikir efektif dan efisien saja kita yang berangkat ke sana (Jawa Timur),” kata Arief yang menegaskan bahwa pelantikan komisioner di 36 kabupaten/kota jadwalnya hanya ada di Jatim.

Sekadar informasi, para calon komisioner KPUD Jawa Timur‎ juga telah mengikuti seleksi dan serangkaian tes. Mulai dari pendaftaran, seleksai administrasi, tes psikologi, tes kesehatan, hingga tes wawancara.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono



Close Ads