JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tamu Asian Games Dapat Pengamanan Ekstra di Bandara Soekarno-Hatta

12 Juni 2018, 20:00:59 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Tamu Asian Games Dapat Pengamanan Ekstra di Bandara Soekarno-Hatta
Wakapolri Komjen Syafruddin saat meninjau Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/6). (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, bakal mendapat penjagaan ketat jelang perhelatan Asian Games. Kekuatan penuh Polri bakal diterjunkan demi menyambut para tamu dari berbagai negara itu.

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin memperkiran kontingen peserta Asian Games berdatangan pada pertengahan Juli. Sebab acara tersebut dibuka pada 18 Agustus 2018.

Dia berpendapat, jumlah rombongan para tamu tersebut diperkirakan 30 ribu orang dari 45 negara di Asia. Belum lagi ada tembahan negara eksibisi dari Eropa sebanyak delapan negara.

Tamu Asian Games Dapat Pengamanan Ekstra di Bandara Soekarno-Hatta
Kondisi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Dok. RMOL)

Ditambah pula tamu-tamu VIP seperti para kepala negara, raja, ratu, perdana menteri, dan menteri. Tak ketinggalan para supporter yang diprediksi jumlahnya mencapai ratusan ribu.

"Kita akan menerima tamu sekisar seperti itu dari mancanegara lain," kata Syafruddin saat mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/6).

Untuk itu, sejumlah prajurit TNI dan Polri diperbantukan untuk mengamankan bandara tersebut dengan Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi Arianto sebagai penanggungjawabnya. "TNI dan Polri disebar di sejumlah titik yang sama rata dan tetap di bawah kendali Kapolres dan Dandim," jelasnya.

Kekuatan besar Polri dan TNI diterjunkan untuk mengamankan Asian Games supaya membangun opini bahwa Indonesia aman. Semakin banyak petugas, maka tamu yang datang menurutnya akan lebih aman.

"Kalau bandara itu kita bicara negara Pak karena gerbangnya dari bandara itu. Beda dengan stasiun dan terminal dan kita ini seolah-olah kalau gulatan dunia, kita Asian Games akan BKO-kan," tambahnya.

Ya, Bandara Soekarno-Hatta menurutnya menjadi objek vital yang wajib dijaga. Dengan pelayanan dan pengamanan seperti ini, lanjut Syafruddin, bisa membangun opini di mata dunia.

"Saya tiap dua tahun ikut SEA Games dan bawa kontingen Indonesia, tidak ada pelayanan seekstra yang ada di Indonesia, terlebih di airport. Ini kesempatan emas bangun opini," pungkas Syafruddin.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up