alexametrics

Megawati Yakin Perdamaian Korea Bisa Terwujud Tanpa Intervensi Asing

12 Mei 2022, 10:49:02 WIB

JawaPos.com – Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyatakan, penyelesaian permasalahan di Semenanjung Korea bisa dilakukan dengan jalan dialog dan jalan kebudayaan. Bukan dengan senjata.

Dia menyebut, dialog antara Korea Selatan dan Korea Utara bisa dilakukan dengan berakar dari keluarga yang sama, tanpa intervensi pihak lain.

“Kuncinya, persoalan di Semenanjung Korea harus diselesaikan melalui jalan dialog, jalan kebudayaan, jalan yang meretas kepercayaan, dan penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan,” kata Megawati, Kamis (12/5).

Menurut Megawati, identitas kebudayaan Bangsa Korea saat ini sangatlah kuat. Dia berujar, ini akan menjadi modal penting di dalam mendorong perdamaian dunia, termasuk di Semenanjung Korea.

“Bung Karno, kami semua, dan seluruh rakyat Indonesia, selalu berjuang bagi perdamaian dunia berdasarkan penghormatan atas kemanusiaan, kemerdekaan, dan keadilan sosial,” ucap Megawati.

Melalui identitas, jati diri dan karakter kebudayaan yang sama antara Korea Utara dan Korea Selatan meyakini, spirit berkebudayaan yang akan menjadi kunci perdamaian dengan apa yang disebut reunifikasi Korea.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads