alexametrics

Pengusaha Travel Berharap Kuota Haji Khusus 8 Persen

12 April 2022, 16:15:28 WIB

Indonesia Lobi Saudi soal Syarat Batasan Usia CJH

JawaPos.com – Arab Saudi sudah menetapkan syarat batasan usia bagi jemaah haji tahun ini, yaitu kurang dari 65 tahun. Namun, pemerintah Indonesia tetap berencana melobi Saudi supaya aturan itu dilonggarkan. Sebab, banyak calon jemaah haji (CJH) Indonesia yang usianya di atas 65 tahun.

Keterangan tersebut disampaikan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief di Jakarta kemarin (11/4). Dia mengatakan, pemerintah Indonesia akan berkomunikasi lebih lanjut dengan Saudi soal aturan usia itu. ”Tetapi, kita lihat juga dari negara lainnya,” ucap dia.

Ketua Umum Kebersamaan Pengusaha Travel Haji dan Umrah (Bersathu) Wawan Suhada mengapresiasi keputusan Saudi membuka kembali kedatangan jemaah haji dari segenap penjuru dunia. Dia menerangkan, kuota sebanyak 1 juta jemaah itu setara dengan 35 persen kuota maksimal haji dalam kondisi normal.

Jika dibuat rata-rata, Indonesia bisa jadi mendapatkan kuota sebanyak 77 ribu jemaah atau 35 persen dari kuota tetap sebesar 221 ribu orang. Dari perkiraan kuota 77 ribu orang itu, pemerintah tetap wajib mengalokasikan untuk jemaah haji khusus (dulu disebut haji plus). ”Kami berharap kuota haji khusus sekitar 8 persen dari 77 ribu jemaah,” katanya. Alokasi tersebut sesuai dengan Undang-Undang 8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah.

Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah memprioritaskan CJH Indonesia yang tertunda keberangkatannya pada 2020 akibat pandemi Covid-19. ”Pemerintah harus mengoptimalkan kuota jemaah haji Indonesia. Sehingga masyarakat yang tertunda keberangkatannya akibat pandemi tahun ini bisa menunaikan ibadah haji,” terangnya.

Puan menuturkan, pendataan CJH harus dilakukan sejak sekarang meskipun belum diketahui berapa kuota yang diberikan Saudi untuk Indonesia.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : wan/lum/c9/oni

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads