alexametrics

Gagal Mendarat, Pesawat Ruang Angkasa Israel Jatuh di Bulan

12 April 2019, 11:34:36 WIB

JawaPos.com – Pesawat ruang angkasa Israel Beresheet mengalami kecelakaan pada Kamis (11/4) saat mau mendarat di Bulan. Pesawat itu malah jatuh di Bulan. Hal ini disebabkan oleh kegagalan teknis saat berusaha melakukan pendaratan.

Beresheet yang dalam bahasa Ibrani frasa alkitab berarti ‘pada awalnya’, telah melakukan perjalanan melalui ruang angkasa selama tujuh minggu dalam serangkaian orbit yang mengambang di sekitar Bumi, sebelum menyeberang ke gravitasi bulan minggu lalu.

Manuver terakhir pada hari Rabu membawanya ke orbit elips di sekitar bulan, sekitar 15 km dari permukaan.

pesawat luar angkasa, israel, bulan,
Manuver terakhir pada hari Rabu membawanya ke orbit elips di sekitar bulan, sekitar 15 km dari permukaan (Naharnet)

“Tampaknya kegagalan dalam unit pengukuran inersia kami menyebabkan rantai peristiwa di pesawat ruang angkasa avionik yang memotong mesin dan menyebabkan kami kehilangan misi,” kata Manajer Umum Divisi Ruang angkasa di Israel Aerospace Industries (IAI) Opher Doron seperti dilansir Reuters, Kamis (11/4).

Sejauh ini, hanya tiga negara yang berhasil melakukan pendaratan lunak atau terkendali di permukaan bulan yaitu, Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Tiongkok.

Jika berhasil, Beresheet akan menjadi pesawat pertama yang mendarat di bulan yang bukan produk dari program pemerintah. Pesawat itu dibangun oleh IAI dan lembaga nonprofit Israel, IlSpace Space dengan biaya USD 100 juta yang didanai hampir seluruhnya oleh donor swasta.

“Sejauh ini, pesawat kami merupakan yang terkecil. Pesawat ruang angkasa termurah yang pernah sampai ke bulan. Ini adalah perjalanan yang luar biasa, saya harap kami mendapat kesempatan untuk yang lain,” ujar Doron.

Berbentuk seperti meja bundar dengan empat kaki serat karbon, Beresheet berdiri sekitar 1,5 meter. Pernah meledak dari Cape Canaveral Florida pada 21 Februari dengan roket SpaceX Falcon 9 dan memasuki orbit Bumi sekitar 34 menit setelah peluncuran.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Verryana Novita Ningrum, Dinda Lisna