JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kejar Target Pembangunan Bangsa, KemenPPPA Gaungkan 3 Program Andalan

12 Februari 2019, 13:33:56 WIB
Yohana Yembise
Menteri PPPA Yohana Yembise (kanan) saat memaparkan progam lembaga yang dipimpinnya, di Jakarta, Selasa (12/2). (Dok. Humas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA))
Share this

JawaPos.com - Pemerintah kini berada di tahun terakhir periode Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019. Berbagai kementerian/lembaga menyusun strategi mengejar target demi membangun bangsa.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) termasuk instansi yang melakukan hal demikian. Mereka memiliki tiga program prioritas yang disebut 3 Ends atau 3 Akhiri.

“Kita selalu gaungkan program prioritas 3 Ends, yakni akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia, dan akhiri kesenjangan ekonomi bagi perempuan," ujar Menteri PPPA Yohana Yembise melalui keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Selasa (12/2).

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah peduli dan berani melapor jika mengalami atau melihat kekerasan terhadap perempuan dan anak di sekitar mereka. "Media, sebagai salah satu mitra Kemen PPPA juga selalu membantu dalam melaporkan kasus-kasus tersebut," kata dia.

Dia menerangkan pihaknya juga telah memberikan bantuan Mobil Perlindungan Perempuan dan Anak (Molin) dan Motor Perlindungan Perempuan dan Anak (Torlin) ke seluruh Indonesia.

"Hampir 400 Kabupaten dan Kota sudah berinisiasi sebagai Kabupaten dan Kota Layak Anak (KLA)," tegasnya.

Sementara itu, terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), KemenPPPA telah mempunyai Community Watch. Terutama, kata Yohana, di lima provinsi kantong-kantong perdagangan manusia terbesar di Indonesia.

Kemudian, demi memberdayakan kaum perempuan, KemenPPPA telah menghadirkan Industri Rumahan (IR) untuk meningkatkan keterampilan mereka.

"Kami berharap di akhir periode kerja ini semakin banyak perubahan positif yang terjadi bagi perempuan dan anak di Indonesia,” pungkasnya.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : Yesika Dinta

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up