alexametrics

Golkar Dukung Jokowi Hukum Mati Koruptor

11 Desember 2019, 11:45:52 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin memberi efek jera kepada para koruptor dengan memberlakukan hukuman mati. Anggota Komisi III DPR, Adies Kadir mendukung wacana tersebut.

“Kalau ini yang menjadi keinginan masyarakat, tentunya kami harus mendukung,” ujar Adies saat dikonfirmasi, Rabu (11/12).

Namun demikian, politikus Partai Golkar ini mengatakan, pemberian hukuman mati tidak untuk orang yang melakukan korupsi dalam jumlah kecil. Hukuman mati harus dilakukan kepada koruptor yang merugikan negara setidaknya triliunan rupiah.

“Kalau koruptor yang cuma Rp 50 – Rp 100 juta ngapain dihukum mati, kasihan juga kan dia masih bisa bertobat,” katanya.

Adies mengatakan memang perlu adanya efek jera kepada para koruptor. Sehingga ia meyakini adanya hukuman mati akan membuat koruptor minimal berpikir dua kali sebelum melakukan perbuatan melawan hukum.

“Agar tidak main-main lagi membawa uang negara triliunan, padahal negara kita ini masih banyak membutuhkan itu,” ungkapnya.

Sekadar informasi, Jokowi menyebutkan bahwa aturan hukuman mati untuk koruptor bisa saja diterapkan jika memang ada kehendak yang kuat dari masyarakat. Menurut Jokowi, penerapan hukuman mati dapat diatur sebagai salah satu sanksi pemidanaan dalam UU Tipikor melalui mekanisme revisi di DPR.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Gunawan Wibisono


Close Ads