alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Geram ke Tjahjo Kumolo, Fadli Zon: Dia Nggak Becus Urus Masalah E-KTP

11 Desember 2018, 21:30:59 WIB
Geram ke Tjahjo Kumolo, Fadli Zon: Dia Nggak Becus Urus Masalah E-KTP
Fadli Zon meminta Mendagri Tjahjo Kumolo mundur dari jabatannya lantaran tak becus mengurus e-KTP, DPT, dan masalah lain yang jadi kewenangannya. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kasus tercecernya Kartu Tanda Penduduk Berbasis Elektronik (e-KTP) di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur telah menyedot perhatian masyarakat. Kinerja Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pun disorot.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fadli Zon menyebut, Tjahjo harus bertanggung jawab atas permasalahan kembali tercecernya e-KTP. Bahkan, dia meminta pembantu Presiden Jokowi itu untuk mundur dari jabatannya.

"Masalah e-KTP ini tidak selesai-selesai dan harusnya ada evaluasi. Saya baca, Mendagri siap dipecat. Harusnya mengundurkan diri aja kalau emang enggak sanggup karena ini udah kelewatan," kata Fadli di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/12).

Kasus tercecernya e-KTP, kata Fadli, tidak pernah terjadi di negara-negara belahan dunia lainnya. Apalagi menurut dia, sampai ditemukan ribuan kartu penduduk di tempat umum.

"Enggak ada negara lain, data penduduknya udah seperti sampah berkarung-karung tercecer. Sangat memalukan. Dia enggak becus urus masalah e-KTP. Mengurus DPT. Ini masalah dasar. Selama empat tahun ini ngapain aja?" ungkapnya.

Tak hanya itu, kader Partai Gerindra itu juga menyalahkan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrullah dalam kasus tercecernya e-KTP di sejumlah daerah. Dia bilang, baik Mendagri maupun anak buahnya tidak pernah belajar dari pengalaman.

"Dua-duanya enggak becus. Enggak sampai dua kali masuk lobang," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah karung berisi ribuan e-KTP ditemukan berceceran di area persawahan yang berada di Jalan Karya Bakti III, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ribuan e-KTP tersebut milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta Dhany Sukma mengatakan, e-KTP yang ditemukan di Pondok Kopi merupakan cetakan lama.

Editor           : Estu Suryowati
Reporter      : (aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini