alexametrics

Soal Penerbitan Perppu KPK , Mahfud MD: Jokowi Belum Ada Pertimbangan

11 November 2019, 14:19:33 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga kini belum juga menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) untuk menganulir UU Nomor 19/2019 tentang KPK. Menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD itu karena saat ini Jokowi belum ada pertimbangan untuk menerbitkan Perppu.

“Jadi Presiden mengatakan belum memutuskan untuk menerbitkan atau tidak menerbitkan Perppu, menunggu perkembangan, minimal proses di MK itu seperti apa,” kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (11/11).

Mahfud menuturkan, Presiden Jokowi masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Karena sejumlah masyarakat mengajukan judicial review terkait UU Nomor 19/2019 tentang KPK.

“Jelas Presiden sudah menyatakan menunggu putusan MK, karena bagi Presiden tidak pantas MK sedang memeriksa perkara, lalu ditimpa dengan Perppu,” ucap Mahfud.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan, pihaknya tidak akan menerbitkan Perppu tentang KPK. Desakan menerbitkan perppu muncul setelah UU KPK yang lama direvisi dan sudah disahkan.

Jokowi mengatakan, perppu tidak dikeluarkan karena ada yang mengajukan judicial review ke MK. Menurut eks Wali Kota Solo itu proses judicial review di MK mesti dihormati.

“Kita melihat bahwa sekarang masih ada proses uji materi di MK. Kita harus menghargai proses-proses seperti itu. Jangan ada orang masih berproses di uji materi kemudian langsung ditimpa dengan sebuah putusan yang lain,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11).

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Muhammad Ridwan



Close Ads