alexametrics

Bahan Baku Amunisi Melimpah, Prabowo Yakin Industri Pertahanan Maju

11 November 2019, 14:43:10 WIB

JawaPos.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memandang optimis perkembangan industri pertahanan dalam negeri di masa mendatang. Salah satu yang paling menjanjikan adalah pasar amunisi.

Prabowo mengatakan di Indonesia sudah mampu membuat propelen, salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat peluru hingga roket.

“Ternyata kita mampu membuat propelan, bahan yang sangat penting untuk peluru dan untuk hampir semua roket dan ssbagainya. Kita bisa membuat itu di dalam negeri,” kata Prabowo dalam rapat bersama Komisi I DPR RI di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/11).

Diketahui, propelen adalah bahan peledak lemah yang digunakan untuk isian sebuah amunisi. Propelen berguna untuk menghasilkan daya dorong terhadap amunisi.

Prabowo menuturkan, bahan baku pembuat propelen saat ini tersedia seluruhnya di dalam negeri. Oleh karena itu, apabila didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) dan anggaran yang memadai, komoditas amunisi ini bisa diproduksi secara massal di Indonesia.

“Saya sangat optimis di tahun-tahun mendatang tidak lama kita akan punya industri pertahanan yang kuat,” tegas Prabowo.

Pasar amunisi ini diharapkan Prabowo bisa menambah daftar produk-produk dalam negeri yang sudah diimpor ke luar negeri. Seperti, Senapan Serbu (SS-2) dan Panser Anoa 6×6 buatan PT Pindad, pesawat CN235 buatan PT Dirgantara Indonesia, hingga kapal Strategic Sealift Vessel (SSV) buatan PT PAL.

Foto: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto saat melaksanakan rapat bersama Komisi I DPR RI

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads