alexametrics

Kenang Habibie, Wiranto: Beliau Pelopor Kemajuan Teknologi Indonesia

11 September 2019, 21:10:13 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto merasa kehilangan atas berpulangnya Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie. Di mata Wiranto, Habibie telah banyak memberikan kontribusi kepada bangsa ini.

Wiranto masih ingat betul ketika Presiden Soeharto memanggil Habibie pulang dari Jerman untuk membantu kemajuan teknologi di Indonesia. Habibie, tanpa pikir panjang langsung memenuhi panggilan tersebut demi pengabdiannya kepada bangsa.

“Beliau inilah yang saya kira merupakan pelopor kemajuan teknologi di Indonesia. Sampai klimaksnya beliau mampu mendirikan industri pesawat terbang,” ujar Wiranto di Kemenko Polhukam Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (11/9).

Saat Habibie menjadi Presiden, Wiranto juga menjadi bagian dari pemerintahan. Dia saat itu duduk sebagai Penglima ABRI, serta Menteri Pertahanan dan Kemanan.

Dia mengenal suami Hasri Ainun itu sebagai sosok yang sangat kuat dalam menghadapi dinamika. Terutama ketika membangun demokrasi baru.

“Waktu itu tidak mudah ya dari Orde Baru harus masuk ke Orde Reformasi. Tantangan beliau dulu, bisa nggak mengubah itu, mampu nggak, melepaskan stigma Orde Baru masuk kepada Orde Reformasi,” tambahnya.

Dengan kecerdasannya, Habibie pun berhasil melewati tantangan tersebut. Bahkan pemilu pertama pada 1999 berjalan sukses.

“Saya kira banyak hal yang bisa menjadi suri tauladan dan kita patut untuk mempelajari betul tekad beliau. Teman-teman generasi muda bisa mencontoh terutama kegigihan beliau untuk mengabdikan diri kepada bangsa ini,” tukas Wiranto.

Sebelumnya, Presiden ke-3 Republik Indonesia Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Habibie meninggal di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, setelah dirawat sejak 1 September 2019.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads