alexametrics
Terkait Pembukaan Mal dan Pusat Perbelanjaan

Vaksinasi Covid-19 Fokus di 7 Aglomerasi Jawa dan Bali

Sasar 45 Daerah dengan Kasus Aktif Tertinggi
11 Agustus 2021, 13:48:53 WIB

JawaPos.com – Pemerintah akan mengakselerasi injeksi vaksin Covid-19. Itu menyusul sejumlah pelonggaran kegiatan masyarakat yang mensyaratkan vaksinasi. Misalnya, pembukaan fasilitas pusat perbelanjaan dan mal.

Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan, ada kekhawatiran bahwa kebijakan pelonggaran tersebut tidak diikuti dengan meratanya cakupan vaksinasi. Selain itu, stok vaksin di daerah mulai langka.

Untuk itu, kata Wiku, pemerintah memprioritaskan pasokan vaksinasi sesuai dengan kebijakan pembukaan mal dan pusat perbelanjaan. ”Dalam waktu dekat, akselerasi vaksinasi difokuskan pada tujuh daerah aglomerasi di Jawa-Bali. (Itu) dalam rangka mencapai target vaksinasi September mendatang,” jelas Wiku, Selasa (10/8).

Wiku tidak memerinci tujuh daerah aglomerasi tersebut. Namun, dia menyatakan bahwa kebijakan vaksinasi itu mengakomodasi masukan dari berbagai pihak, termasuk pakar di bidangnya.

Sebagaimana diberitakan, dalam keputusan perpanjangan PPKM pada Senin (9/8), pemerintah memberikan sejumlah kelonggaran. Pemerintah akan melakukan uji coba pengoperasian mal dan pusat perbelanjaan di DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Selain tujuh daerah aglomerasi, vaksinasi akan dipercepat di 45 kabupaten/kota dengan angka pertambahan kasus konfirmasi dan kasus aktif tertinggi di wilayah non-Jawa-Bali. ”Kemudian, lima kabupaten/kota di wilayah Provinsi Papua karena kepentingan PON,” jelasnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (tau/agf/lyn/mia/syn/c7/c19/fal)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads