alexametrics

Kata Pasangan yang Sudah Menikah Bisa Ganti Kartu Nikah Digital: Ribet

11 Agustus 2021, 12:31:03 WIB

JawaPos.com – Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan, mulai Agustus ini pihaknya akan menghentikan penerbitan buku nikah fisik. Untuk gantinya, pasangan yang hendak menikah akan mendapatkan kartu nikah digital.

Bukan hanya yang baru menikah saja yang mendapatkan kartu nikah digital, mereka yang sudah terlebih dahulu menikah pun juga bisa menerimanya. Mereka dapat berganti dari kartu fisik ke digital dengan mendatangi Kantor Urusan Agama (KUA) tempat menikah dan mengisi data pribadi.

Mengenai hal itu, Sarah Septiani,24, yang sudah menikah pada Desember 2020 lalu mengatakan bahwa dirinya tidak tertarik untuk mengganti kartu nikahnya ke bentuk digital. Menurutnya, fungsi kartu nikah jika diganti bentuk digital pun akan sama saja.

“Udah ada fisik ini, ribet ngurusnya. Apalagi punya anak yang nanti mau lahir sebentar lagi. Kalau kegunaannya sama aja mah ya ngapain,” ungkap dia kepada JawaPos.com, Rabu (11/8).

Apalagi menurutnya, kartu nikah minim digunakan untuk keperluan sehari-hari, hanya di saat tertentu saja seperti Ketika membuat SIM dan KTP. Oleh karenanya, dia enggan untuk mengganti kartu nikah fisik ke digital, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Kan nggak dipake buat apa-apa juga kartu nikah. Reservasi hotel juga bisa online, nggak perlu kartu nikah. Jarang buku nikah ditanyain, kalau ditanyain cuma make foto atau scan-an juga bisa. Sama aja (fungsinya),” ungkap dia.

Editor : Kuswandi

Reporter : Saifan Zaking

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads