alexametrics

Bagi Lulusan SMA yang Mau Jadi PNS Penjaga Lapas, Wajib Baca Ini

11 Juli 2017, 18:55:23 WIB

JawaPos.com – Pemerintah mulai membuka keran untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kali ini dikhususkan untuk mengisi jabatan terkait penegakan hukum di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). 

Salah satunya untuk mengisi kuota penjaga lembaga pemasyarakatan (Lapas) di seluruh Indonesia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang. 

Formasi itu terdiri dari 1.684 CPNS untuk  Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kemenkumham. 

“Kuota penjaga Lapas kami buka dengan kualifikasi lulusan SMA sederajat yang menguasai komputer,” kata Asman dalam Konferensi Pers, Selasa (11/7). 

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 di antaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian. 

Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain hukum, sosial politik, ekonomi, akuntansi, komunikasi, teknik informatika, teknik komputer dan bahasa asing. (cr1/JPG)

Informasi mengenai rekruitmen CPNS ini dapat dilihat di situs: 

a. Situs Kementerian PANRB: www.menpan.go.id

b. Situs BKN: https://sscn.bkn.go.id

c. Situs Mahkamah Agung: https://www.mahkamahagung.go.id, http://badilum. mahkamahagung.go.id, http://badilag.mahkamahagung.go.id, http://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/

d. Situs Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia: http://cpns.kemenkumham2017.go.id

Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui  https://sscn.bkn.go.id  pada tanggal 1–31 Agustus. 

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:


Bagi Lulusan SMA yang Mau Jadi PNS Penjaga Lapas, Wajib Baca Ini