alexametrics

Wamenkes Instruksikan Daerah Darurat Covid Siapkan Obat dan Nakes

11 Juni 2021, 22:40:48 WIB

JawaPos.com – Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono meminta semua kepala daerah untuk bergerak cepat mengantisipasi situasi darurat Covid-19 di daerahnya masing-masing. Salah satunya seperti Kudus, Jawa Tengah, di mana wilayah itu sedang darurat angka lonjakan kasus baru.

Dante menjelaskan Pemerintah sudah mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di daerah. Salah satunya edukasi dan sosialisasi agar pola pikir masyarakat tidak menjadi hambatan dalam upaya memerangi Covid-19 di tanah air.

Dante menambahkan, dalam melaksanakan upaya pengendalian Covid-19, upaya preventif perlu diutamakan dibandingkan dengan kuratif. Sebab, kata dia, langkah antisipatif dinilai akan lebih efektif dan efisien untuk mengurangi kerugian material termasuk nyawa manusia untuk mencegah perluasan pandemi.

“Untuk daerah yang sudah mengalami kondisi ekstrem peningkatan kasus, maka yang harus dilakukan adalah memberikan support tenaga kesehatan, support fasilitas kesehatan termasuk di dalamnya obat-obatan,” kata Dante dalam Dialog KPCPEN-FMB9 secara daring, Jumat (11/6).

Selain itu, tambahnya, perlu dilakukan mitigasi dan evaluasi serta bantuan manajemen kesehatan di daerah yang sedang mengalami lonjakan. Sementara untuk daerah yang belum mengalami lonjakan, diterapkan kebijakan PPKM Mikro, yang diberlakukan secara terus menerus sehingga kondisi aman.

“Kampanya protokol kesehatan juga digalakkan kepada masyarakat, begitu juga 3T, yaitu, tracing, testing, dan treatment sehingga mencapai angka kumulatif yang ditargetkan bersama,” katanya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads