alexametrics

Hasil Survei, Pancasila Belum Dilaksanakan dengan Baik dan Benar

11 Juni 2021, 15:23:43 WIB

JawaPos.com – Sebuah survei menyatakan bahwa Pancasila belum dilaksanakan dengan benar oleh masyarakat Indonesia. Hal itu diungkap dari survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median).

Peneliti Median Rico Marbun menyebut bahwa pihaknya menggelar survei berbasis media sosial facebook pada 30 Mei sampai 3 Juni 2021. Salah satu pertanyaan yang disampaikan kepada netizen pengguna aktif facebook adalah, seperti apa pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila selama ini.

“Ternyata sebanyak 49,0 persen responden menjawab Pancasila belum dilaksanakan dengan baik dan benar. Sebanyak 44,6 menyatakan sudah dilaksanakan dengan baik dan benar, dan 6,4 persen menjawab tidak tahu,” kata Rico Marbun, Jumat (11/6).

Rico menyebut, ada limia alasan dari netizen menyatakan Pancasila belum dilaksanakan dengan baik dan benar. Pertama, korupsi makin membesar. Jumlah responden yang menyatakan tersebut sebanyak 25 persen. Alasan kedua, ada masalah kesenjangan ekonomi dan kesejahteraan (15,4 persen). Ketiga, hukum masih tajam ke bawah (3,6 persen). Keempat, ada diskriminasi dan intoleransi (2,7 persen). Dan kelima, belum ada persatuan (0,6 persen).

Sedangkan lima besar alasan netizen yang menjawab Pancasila sudah dilaksanakan dengan baik dan benar antara lain sebagai berikut. Pertama, Pancasila sudah terlihat dalam kehidupan sehari-hari (23,3 persen); kedua, Pancasila sesuai dengan ideologi dan norma (7,6 persen); ketiga, Pancasila sudah menjadi pedoman bangsa (2,3 persen); keempat, sudah ada toleransi dan kebebasan beragama (2,1 persen); dan kelima, aturan sudah dibuat berdasarkan Pancasila (1,7 persen).

Baca juga: Sudahkah Lima Sila Itu Terimplementasi dengan Benar?

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads