alexametrics

Saudi Longgarkan Ibadah Haji, DPR Harapkan Kuota Indonesia Segini

11 April 2022, 13:53:36 WIB

JawaPos.com – Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto memperkirakan sebanyak 106.000 calon jamaah haji akan menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi pada 2022. Namun, angka calon jamaah haji tersebut masih dapat mengalami perubahan.

“Kira-kira 106 ribu jamaah paling banyak, bisa juga kurang dari itu,” kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/4).

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengungkapkan, angka calon jamaah haji 2022 kali ini, separuh dari situasi normal sebelum pandemi Covid-19. Dia berujar, sebelum pandemi jamaah haji Indonesia mencapai 210.000 orang.

“Kalau dulu 210 ribu jamaah yang berangkat, sekarang 48 persen dari 210 ribu, itu walaupun belum ada pengumuman resmi dari Saudi,” ujar Yandri.

Dia memastikan, Pemerintah dan DPR akan memastikan kuota calon jamaah haji yang diterima Indonesia. Dia pun menegaskan, para calon jamaah haji yang akan berangkat pada tahun ini tidak akan menambah biaya keberangkatan.

“Sekarang kita hitung berapa biaya haji satu orang calon jamaah, prinsipnya kita tidak akan membebankan jamaah haji untuk mengeluarkan uang tambahan. Ini prinsip dari DPR, walaupun ada usulan dari Pemerintah ada kenaikan biaya haji, tapi prinsip dari Komisi VIII kita tidak ingin membebankan biaya haji itu kepada calon jamaah yang akan berangkat,” tegas Yandri.

Karena itu, Yandri tak menginginkan para calon jamaah haji yang telah menunggu lama dibebankan lagi biaya tambahan untuk berangkat haji.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads