alexametrics

Bahas Masalah Kebangsaan, Muhammadiyah Akan Gelar Sidang Tanwir

11 Februari 2019, 17:47:07 WIB

JawaPos.com – Pada 15-17 Februari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah berencana menggelar Sidang Tanwir di Bengkulu. Sidang itu‎ merupakan forum tertinggi Muhammadiyah di bawah forum Muktamar.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menjelaskan sebagai permusyawaratan tertinggi, berdasarkan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, sidang Tanwir sekurang-kurangnya dilaksanakan satu kali dalam satu periode kepemimpinan.

“Dalam periode kepemimpinan PP Muhammadiyah hasil muktamar ke 47, sidang Tanwir di Bengkulu merupakan tanwir kedua yang sebelumnya diselenggarakan di Ambon pada 2017,” kata Mu’ti di Gedung PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta, Senin (11/2).

Empat agenda besar juga bakal dibahas dalam sidang tersebut. Salah satunya adalah mengenai pikiran pokok untuk umat Islam dalam bernegara.

‎”Akan disampaikan pokok-pokok pikiran Muhammadiyah tentang kehidupan keumatan dan kebangsaan,” ujarnya.

Joko Widodo (Jokowi) dan juga Prabowo Subianto juga diundang dalam Sidang Tanwir tersebut. ‎Namun kehadiran mereka bukan sebagai capres, melainkan sebagai tokoh nasional.

Adapun Sidang Tanwir ini direncanakan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Pembahasan mengenai PP Muhammadiyah juga turut dibahas.

“Kemudian yang keempat adalah pembahasan yang berkaitan dengan progres atau dinamika persyarikatan Muhammadiyah baik di level nasional maupun level pimpinan wilayah,” pungkasnya.

Editor : Kuswandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Copy Editor :

Bahas Masalah Kebangsaan, Muhammadiyah Akan Gelar Sidang Tanwir