alexametrics

Pemprov Jatim Perbolehkan Pekerja Migran Indonesia Karantina Mandiri

11 Januari 2022, 19:19:09 WIB

JawaPos.com – Pengoperasian Bandara Juanda sebagai terminal internasional direncanakan dimulai pada akhir Januari. Regulasi dan teknis penyambutan kedatangan penumpang, terutama pekerja migran Indonesia (PMI) asal Jatim, sudah disiapkan. Namun, ada juga yang mengalami perubahan.

Pemprov Jatim memutuskan untuk merevisi aturan wajib karantina bagi PMI yang baru tiba di Juanda. Jika awalnya dipusatkan di tiga tempat, nanti para pekerja migran yang baru datang diperbolehkan melakukan karantina secara mandiri.

Keputusan tersebut merupakan hasil rapat lanjutan terkait dengan persiapan penyambutan kedatangan PMI di Juanda. ”(Aturan, Red) yang terbaru, PMI juga diperbolehkan karantina di hotel yang ditunjuk,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim Himawan Estu Bagijo.

Dia menjelaskan, berdasar kesepakatan awal, semua PMI akan ditempatkan terpusat di tiga tempat. Yakni, Asrama Haji Sukolilo, Badan Diklat Kemenag, dan LPMP. Ketiganya berada di Surabaya.

Namun, aturan itu diubah. PMI diperkenankan menjalani karantina mandiri di hotel. Saat ini, di Surabaya, sudah ada 17 hotel yang bisa dipilih sebagai tempat karantina. Namun, mereka yang memilih karantina di hotel harus menanggung biaya mandiri. ”Artinya, seluruh biaya ditanggung PMI. Ini berbeda jika PMI menjalani karantina di tiga tempat karantina terpusat. Biaya ditanggung pemerintah,” kata Himawan.

Lantas, mulai kapan PMI dari luar negeri mendarat di Bandara Juanda? Himawan menyebut bahwa saat ini belum ada keputusan pasti. Namun, dari hasil rapat terakhir, rencananya PMI mulai turun dari Bandara Juanda pada 26 Januari mendatang.

Juanda menjadi tempat cadangan yang melayani kedatangan PMI. Terutama jika Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng penuh. PMI baru dialihkan ke Surabaya lewat penerbangan menuju Bandara Juanda. ”Makanya, untuk waktu kedatangannya ada perubahan dari rencana semula,” terangnya.

Penerbangan Juanda untuk PMI bakal berlangsung tiga kali dalam sepekan. Yaitu, setiap Senin, Rabu, dan Kamis. Juanda hanya melayani sekali flight atau penerbangan untuk PMI pada hari-hari tersebut.

RENCANA BANDARA JUANDA SEBAGAI TERMINAL INTERNASIONAL

* Jika tak ada perubahan, pembukaan dimulai 26 Januari. Khusus untuk terminal kedatangan para PMI.

* Bandara Juanda berstatus sebagai bandara cadangan. Jika bandara Soekarno- Hatta penuh.

Jadwal kedatangan penerbangan internasional di Bandara Juanda:

– Direncanakan tiga kali dalam setiap pekan.

– Setiap hari ada satu penerbangan.

Sumber: Disnakertrans Jatim

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : elo/c14/ris

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads