JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tolak NKRI Bersyariah, 1.000 Jubir Pancasila Berhasil Dilatih

10 Desember 2018, 05:07:19 WIB
Jubir Pancasila
Fasilitator utama pelatihan Khairul Umam saat menyamapaikan beberapa materi di pelatihan Jubir Pancasila. (jpnn/jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Rangkaian pelatihan 1.000 Juru Bicara Pancasila yang digelar sejak Agustus 2018 lalu, akhirnya ditutup di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. 40 peserta terlibat aktif dalam kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu.

Koordinator Komunitas Bela Indonesia (KBI) Anick HT yang merupakan penyelenggara kegiatan tersebut mengatakan, pelatihan jubir Pancasila ini sudah didesain sedemikian rupa dengan satu buku rujukan utama yang berjudul Rumah Bersama Kita Bernama Indonesia, yang ditulis oleh Denny JA dan tim.

Di samping itu, menurut penjelasan Anick, mereka juga menyiapkan seluruh materi, baik isu maupun skill, berupa slide power point maupun dalam bentuk serial video, untuk dimanfaatkan oleh khalayak yang hendak mengadakan pelatihan sejenis di mana pun.

"Modul dan panduannya bisa dimanfaatkan bagi lembaga-lembaga yang ingin menggelar pelatihan serupa," ujar Anick dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com. 

Sementara itu, fasilitator utama pelatihan Khairul Umam menuturkan, adanya pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kondisi pudarnya nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa. Hal itu merujuk pada hasil survei yang dikeluarkan oleh lembaga survei Denny JA yang menunjukkan bahwa selama 13 tahun terakhir, dukungan terhadap Pancasila terus mengalami penurunan.

"Data yang kami yakini bahwa pada 2005 dukungan kepada Pancasila mencapai 85,2 persen dan pada 2018 menurun menjadi 75,3 persen atau turun sebesar 10 persen," paparnya.

Hal inilah yang mendorong KBI untuk menguatkan kembali Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga diharapkan Indonesia dengan keragamannya akan terus damai. "Kita percaya bahwa nilai-nilai Pancasila ini yang menjaga Indonesia dari ancaman perpecahan," tuturnya.

Lebih lanjut, Umam juga menjelaskan bahwa pelatihan Juru Bicara Pancasila itu adalah pelatihan nonpartisipan politik. "Tidak ada partai apa pun di belakang kita, ini murni demi Pancasila," pungkasnya.

Editor           : Dimas Ryandi
Reporter      : (jpg/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up