JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ribuan e-KTP Tercecer di Jaktim

Tjahjo Duga Pelaku Sama Seperti di Bogor

10 Desember 2018, 14:46:17 WIB
Tjahjo Kumolo
Mendagri Tjahjo Kumolo saat diwawancara awak media beberapa waktu lalu (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ribuan e-KTP ditemukan di kawasan Pondok Kopi, Jakarta Timur. Banyak yang menduga itu bakal dilakukan untuk kecurangan Pilpres 2019 mendatang.

Saat dikonfirmasi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menduga pelaku sama dengan yang dahulu ribuan e-KTP di temukan di Bogor beberapa waktu lalu. Aparat kepolisian sampai saat ini masih mencari pelaku tersebut.

"Kita cari siapa yang tanggung jawab, siapa yang buat karena indikasi orang yang sama yang dulu di Bogor," ujar Tjahjo saat ditemui di Hotel Mercure, Jakarta, Senin (10/12).

Tjahjo menduga ribuan e-KTP yang tercecer itu dimaksudkan untuk kepentingan membuat gaduh suasana politik di Indonesia. Padahal apabila dilihat e-KTP tersebut sudah kedaluwarsa.

"‎Jadi saya melihat ada indikasinya ada unsur di sana (membuat kagaduhan). Walaupun itu e-KTP sudah kedaluwarsa," katanya.

Tjahjo menegaskan apabila yang membuat gaduh adalah orang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Maka dirinya bakal memberikan sanksi tegas. Alasannya karena membuat gaduh suasana.

"‎Jadi yang dulu di Bogor saja kami copot pangkatnya. Walaupun tidak ganggu sistem ini tahun politik," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah karung berisi ribuan e-KTP ditemukan berceceran di area persawahan yang berada di Jalan Karya Bakti III, Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ribuan e-KTP tersebut milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil DKI Jakarta Dhany Sukma mengatakan, e-KTP yang ditemukan di Pondok Kopi merupakan cetakan lama.

Editor           : Kuswandi
Reporter      : (gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up