JawaPos Radar

Panglima Tak Hadir di HUT TNI AL

10/09/2018, 09:47 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Acara HUT TNI AL
Acara HUT TNI AL (Desyinta Nuraini/ JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Matra Angkatan Laut, Tentara Nasional Indonesia menggelar upacara memperingati hari jadinya yang ke-73. Digelar di Ksatrian I Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (10/9), acara tersebut berlangsung khidmat.

Sejumlah alutsista Angkatan Laut TNI bertengger di lokasi upacara. Tampak empat buah Kapal Republik Indonesia (KRI) tegap berdiri menghadap para tamu undangan yang hadir.

Di antaranya KRI Banjarmasin, KRI John Lie, KRI Tong, dan KRI Kalasan. Keempatnya merupakan kapal perang yang menjadi kekuatan di laut Indonesia.

Acara yang dipimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Siwi Sukma Adji itu tidak dihadiri Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Namun Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Mulyono dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Yuyu Sutisna datang dalam acara itu.

Sebelum memulai acara, menggunakan mobil Jeep, Laksamana Siwi sempat memeriksa pasukan yang jumlahnya sekitar 1.500 prajurit yang tegap berdiri di depan KRI. Hingga akhirnya upacara bersifat militer itu dimulai.

Dalam amanatnya, Laksamana Siwi mengatakan, upacara hari ini memiliki arti yang penting bagi TNI AL. Sebab berdasarkan fakta sejarah, 10 September merupakan tonggak berdirinya TNI AL.

Selama 73 tahun, banyak pengorbanan para pendiri bangsa mempertahankan dan memperjuangkan kemerdekaan RI melalui laut. "Sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya kita harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan, pejuang pendiri TNI AL, ujarnya di lokasi, Senin (10/9).

Bertemakan Bersama Rakyat TNI AL Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan melalui Laut, Laksamana Siwi mengatakan bahwa matranya akan membantu Indonesia mewujudkan cita-cita sebagai negara maritim. 

"TNI AL bersama segenap komponen bangsa mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim dan berjaya di laut," tegasnya.

Yakni dengan terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus-menerus. "Sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim, baik di wilayah perairan di region Indonesia maupun di kawasan yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa," katanya.

Sekadar informasi, dalam acara ini juga dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan wakilnya, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto. Beberapa anggota DPR mitra TNI seperti Ahmad Sahroni dan Satya Yudha pun tampak hadir di sana.

(dna/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up