alexametrics
Laporan Hilmi Setiawan dari Makkah

Menteri Agama Sampaikan Selamat Idul Adha dari Tanah Arafah

10 Agustus 2019, 13:45:24 WIB

JawaPos.com – Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin mengunjungi beberapa tenda calon jamaah haji Indonesia di Arafah, Arab Saudi. Tepatnya Sabtu (10/8) pagi sebelum prosesi wukuf. Dengan hangat Lukman meminta supaya jamaah menjaga kondisi kesehatan.

Dari tanah Arafah Lukman menyampaikan ucapan selamat Idul Adha 1440 H yang jatuh Minggu (11/8). “Kepada seluruh umat muslim di Tanah Air, saya menyampaikan selamat hari raya Idul Adha,” katanya Sabtu (10/8). Dia berharap umat muslim di Indonesia mampu memaknai Idul Adha.

Menurut dia hakikat Idul Adha adalah Idul Qurban. Hari Raya Idul Adha adalah hari raya yang besar bagi umat Islam. “Bahkan lebih besar dari Idul Fitri,” tuturnya. Sebab Idul Adha menjadi puncak dari ibadah secara keseluruhan. Kemudian dalam Idul Adha ada semangat berkurban.

Dia berharap semangat berkurban itu bisa ditangkap umat Islam. Sebab hakikat dari berkurban adalah kita mampu lebih mengedepankan orang lain dari pada diri sendiri. Bagi Lukman semangat seperti ini merupakan esensi inti ajaran Islam.

Menteri Agama sekaligus Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin menyapa jamaah di tenda di Arafah (10/8). (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)

“Islam mengajarkan, sebaik-baiknya manusia adalah yang paling mampu menebar kemaslahatan bagi sesama,” jelasnya. Semangat tersebut baru bisa dilakukan jika umat Islam memiliki kesadaran berkurban. Berkurban untuk lebih mementingkan orang lain dari pada diri kita sendiri.

Sementara itu Lukman mengatakan pergerakan jamaah dari hotel di Makkah menuju Arafah berjalan lancar. Pemberangkatan paling akhir menuju Makkah adalah jamaah di sektor 11. Mereka diberangkatkan ke Arafah Jumat malam pukul 20.50 waktu setempat.

Lukman mengingatkan selama di Arafah jamaah tetap menjaga kondisi kesehatan. Sebab ibadah berikutnya adalah mabit di Mudzalifah dan melempar jumrah di Mina. Khusus untuk ibadah lempar jumrah membutuhkan fisik lebih besar.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Hilmi Setiawan


Close Ads