alexametrics

Emil: Sungguh Tuhanku, Kami Tenang Sekarang

Minggu Pulang ke Indonesia, Senin Dimakamkan
10 Juni 2022, 09:46:46 WIB

Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern

JawaPos.com – “Allahu akbar! Alhamdulillah ya Allah SWT, Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami,” tulis Ridwan Kamil dalam akun Instagram-nya kemarin. Setelah 14 hari pencarian, jenazah anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz, akhirnya ditemukan.

Jasad Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, pada Rabu (8/6) pukul 06.50 waktu Swiss. Awal kabar tersebut disampaikan oleh kepolisian bagian Canton Bern, Swiss, kepada KBRI Bern dan perwakilan keluarga, Elpi Nazmuzzaman (adik Ridwan Kamil) yang tengah berada di Swiss.

Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad mengatakan, tim forensik kepolisian setempat telah melakukan identifikasi dan penelusuran DNA sesuai prosedur yang ada. Tujuannya, memastikan jasad yang ditemukan benar Eril atau bukan. ”Kamis, 9 Juni 2022, siang waktu Swiss, pihak kepolisian Canton Bern menyampaikan konfirmasi bahwa hasil tes DNA jasad yang ditemukan kemarin (Rabu, Red) benar Ananda Eril,” tutur Muliaman dalam jumpa pers kemarin (9/6).

Sesuai aturan hukum di Swiss, pihak kepolisian menyampaikan berbagai berkas yang dibutuhkan ke kantor Pengadilan Bern. Hal itu dilakukan sebagai prosedur untuk serah terima jenazah Eril dari pihak kepolisian kepada keluarga. Sebagai informasi, Pengadilan Bern merupakan pihak yang berwenang memutuskan serah terima jasad Eril dari kepolisian kepada keluarga. ”Sekitar dua jam lalu, pengadilan memberikan kewenangan pada keluarga yang saat ini di Bern untuk menerima jasad Ananda Eril,” ungkapnya.

Setelah proses serah terima, Muliaman memastikan penghormatan terhadap hak-hak Eril sebagai muslim bakal terpenuhi sesuai syariat Islam. KBRI Bern juga akan mendampingi pihak keluarga dalam mempersiapkan proses repatriasi atau pemulangan jenazah Eril ke tanah air. ’’Kita mohon doa agar berjalan lancar,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Elpi mengatakan, sejak Senin (6/6) pihak keluarga memang menyerahkan urusan pencarian Eril dikoordinasi penuh oleh KBRI Bern. Dia bersyukur ketika mendapat kabar bahwa sang keponakan akhirnya ditemukan. ”Hari ini alhamdulillah KBRI menyampaikan informasi bahwa upaya pencarian telah bertemu pada takdir yang diharapkan. Semoga pertemuan kami dengan Eril dalam keadaan yang Allah ridai,” ungkapnya.

Setelah serah terima, lanjut dia, pihak keluarga akan menyempurnakan hak Eril sebagai muslim yang telah wafat. Jenazah akan diantarkan, disucikan, dikafani, disalati, dan diantarkan untuk dimakamkan sesuai syariat Islam sejauh yang memungkinkan dengan tetap menjaga kehormatannya.

AKRAB: Kebersamaan Emmeril Kahn Mumtadz ketika hidup bersama ibunda, Atalia. (INSTAGRAM ATALIAPR)

Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Indonesia. Namun, Elpi belum bisa memastikan kapan tiba di Indonesia. ”Tapi, pada dasarnya dilakukan secepatnya. Harapan kami bisa tiba di Indonesia setidaknya Sabtu atau Ahad,” jelasnya. Elpi juga mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian Bern, polisi maritim Bern, otoritas Bern, otoritas Swiss, dan KBRI Bern. Menurut dia, KBRI telah menjalankan fungsinya untuk melayani WNI dengan sangat baik, bahkan lebih dari itu.

Sementara itu, ungkapan syukur disampaikan Atalia Praratya, ibunda Eril. ”Alhamdulillah, Allahu akbar! DNA sudah dinyatakan sama dengan saya. Innalillahi wainna ilaihi raajiun,” tulis Atalia dalam akun Instagram-nya.

Ungkapan yang sama disampaikan Ridwan Kamil (RK) dalam akun Instagram-nya. Dia bersyukur karena Allah mengabulkan doanya hingga Eril ditemukan. Mantan wali kota Bandung itu mengaku sudah tenang sekarang. Dalam unggahannya, RK mengabarkan bahwa jenazah Eril akan dipulangkan ke Indonesia pada Minggu (12/6) dan dimakamkan pada Senin (13/6).

Kang Emil, sapaan RK, juga berterima kasih kepada KBRI Bern, kepolisian, pemerintah Bern, serta semua pihak yang membantu dan mendoakan Eril. ”Semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan Anda semua,” ungkapnya.

RK juga telah mengajukan cuti untuk berangkat ke Swiss. Hal itu disampaikan Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Benni Irwan kemarin (9/6). Benni mengatakan, RK sudah mengirimkan surat cuti. ”Kemendagri menerima surat permohonan izin cuti Bapak Ridwan Kamil yang disampaikan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat,” ujarnya. Sesuai surat yang diterima, lanjut dia, RK mengajukan izin cuti selama sepuluh hari. Mulai 9 sampai 19 Juni 2022.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya pun turut mengamini ihwal cuti RK. Dia mengatakan, pada keberangkatannya kali ini, RK hanya ditemani asisten. ”Alhamdulillah, sudah mendapat persetujuan dengan izin cuti dari 9–19 Juni,” ujarnya kemarin sore kepada Radar Bandung. Wahyu mengatakan, selama RK di Swiss, roda pemerintahan akan dijalankan oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/far/cr2/c6/oni

Saksikan video menarik berikut ini:

Alur Cerita Berita

Lihat Semua