JawaPos Radar

Sentilan Wapres JK terhadap Polri Atas Kerusuhan di Mako Brimob

10/05/2018, 11:18 WIB | Editor: Ilham Safutra
Sentilan Wapres JK terhadap Polri Atas Kerusuhan di Mako Brimob
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Ismail Pohan/Indopos)
Share this image

JawaPos.com - Para narapidana teroris yang sempat melakukan penyanderaan di Mako Brimob sudah berhasil ditangani aparat gabungan. Akan tetapi kasus yang memakan waktu 36 jam itu mendapat sentilan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sebab kasus itu terjadi di markas pasukan elite Polri.

Jusuf Kalla meminta peristiwa di Kelapa Dua dijadikan momen untuk evaluasi keamanan tahanan napi terorisme. Memang, kejadian itu cukup disayangkan karena hanya berselang dengan kerusuhan serupa di blok yang sama pada 10 November lalu.

JK yakin Polri bisa menyelesaikan kerusuhan di Rutan Mako Brimob. Sebab, lokasi tersebut merupakan markas pasukan khusus polisi. "Di situ tempatnya pasukan khusus. Gegana, Brimob, kan pasukan khusus," katanya.

Sentilan Wapres JK terhadap Polri Atas Kerusuhan di Mako Brimob
Pasukan Brimob saat berjaga-jaga di Mako, Kelapa Dua, Depok (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)

Sementara itu Menko Polhukam Wiranto kemarin memanggil sejumlah pejabat tinggi untuk membahas masalah tersebut. Pejabat yang hadir, antara lain, Panglima Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Suhardi Alius, serta Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto. Kapolri tidak hadir karena masih di luar negeri.

Wiranto menyebut kericuhan yang terjadi di Mako Brimob masuk kategori genting. "Ya, kalau sudah ada yang terbunuh, ya urgen," kata dia tegas.

Insiden yang terjadi di Mako Brimob merupakan persoalan yang harus diselesaikan dengan sangat hati-hati dan sungguh-sungguh. Sebab, persoalan itu sudah berkaitan dengan masalah keamanan nasional. "Me­nyangkut bagaimana kami mengatasi sesuatu dengan cara yang baik dan benar berdasarkan hukum, dan tuntas." 

(idr/syn/jun/ang)

Alur Cerita Berita

Keluarga Beny Syamsu Gelar Pengajian 10/05/2018, 11:18 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up