JawaPos Radar

PNS Pensiun Capai 220 Ribu Orang, Berapa Kebutuhan CPNS 2018?

10/04/2018, 10:59 WIB | Editor: Imam Solehudin
PNS
Kementerian PANRB memastikan jika perekrutan CPNS 2018 tak bakal melampaui jumlah abdi negara yang pensiun tahun ini. (Ilustrasi PNS)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah memastikan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 tidak akan melampaui jumlah PNS yang pensiun. Sekalipun memang hingga tahun ini, jumlah PNS yang memasuki masa pensiun mencapai 220 ribu orang.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman mengatakan, salah satu pertimbangan penerimaan CPNS 2018 ialah untuk menutupi kebutuhan formasi setelah PNS pensiun. Namun, pemerintah menerapkan kebijakan zero to negative growth.

"Sehingga jumlah pengadaan, jumlah penerimaan tidak melampaui jumlah yang pensiun," kata Herman kepada JawaPos.com, Selasa (10/4).

Saat ditanya perkiraan total penerimaan CPNS 2018 nanti, Herman masih enggan menjawabnya.

Menurut dia, saat ini Kementerian PAN-RB tengah melakukan validasi berdasarkan kapasitas instansi, serta menghitung formasi yang dibutuhkan instansi tersebut.

"Tunggu saja. Saya tidak mengatakan angkanya. Sekarang lagi divalidasi. Kalau nanti sudah firm, baru ditetapkan," jelas Herman.

Sebelumnya, Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan, setidaknya formasi CPNS 2018 minimal setengah dari jumlah pensiun. Dia juga mengakui hal ini harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan negara.

"Kami berharap minimal 50 persen. Ini terdiri atas pegawai pusat dan daerah. Porsinya ditentukan nanti berapa kemampuan negara," kata Asman beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Asman mengingatkan ada beberapa jabatan yang diprioritaskan yaitu tenaga pendidikan dan kesehatan.

(put/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up