alexametrics

Pengacara eks Pegawai Sebut TWK Bentuk Pelemahan Nyata Terhadap KPK

10 Maret 2022, 19:07:52 WIB

JawaPos.com – Eks pengawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. Mereka mengungat pimpinan KPK, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kuasa hukum eks pegawai KPK, Arif Maulana mengatakan gugatan yang dilakukan para kliennya semata-mata dilakukan demi menyelamatkan KPK dari pelemahan yang terus terjadi.

“Jadi ada 49 korban dari TWK, dan gugatan ini bukan hanya semata-mata ingin mengembalikan rekan-rekan ke KPK lagi, tapi ini gugatan penyelamatan terhadap penyelamatan antikorupsi,” ujar Arif di PTUN, Pulo Gebang, Jakarta, Kamis (10/3).

Menurut Arif, pelemahan KPK begitu masif dilakukan oleh oknum-oknum terhadap institusi dan juga ke para pegawainya. Proses alih status pegawai KPK untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) lewat proses TWK ini adalah salah satu bentuk serangan tersebut.

“Jadi TWK itu serangan end game terhadap antikorupsi. Dulu ada perubahan UU KPK, penyiraman air keras dan kekerasan yang lain kemudian ada kriminalisasi, dan TWK akhir dari pelemahan terhadap KPK,” katanya.

Arif juga mengaku kecewa kenapa pimpinan KPK, Kepala BKN dan Presiden Jokowi tidak menjalankan rekomendasi dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Ombudsman RI.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini: