alexametrics

Mentawai Dekat Zona Megathrust, BMKG Siapkan 50 Peringatan Dini Gempa

10 Februari 2019, 17:07:53 WIB

JawaPos.com – Indonesia merupakan wilayah ring of fire dan berada dalam lingkaran Cincin Api Pasifik. Wilayah Indonesia memiliki beberapa zona subduksi atau penunjaman dan segmentasi zona gempa atau megathrust.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan, sedikitnya Indonesia memilki 295 sumber gempa sesar aktif yang baru atau sudah teridentifikasi.

Menurutnya, zona megathrust yang paling berbahaya berada di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. BMKG pun telah mengimbau masyarakat terdekat wilayah tersebut untuk waspada.

“Akhir-akhir ini masyarakat Sumatera Barat diingatkan krmbali akan adanya gempa bumi besar yang bersumber disekitar Kepulauan Mentawai,” ujar Rahmat melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Minggu (10/2).

BMKG pun telah melakukan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi gempabumi dan tsunami melalui Sekolah Lapang Gempa, (SLG), pemasangan sensor-snsor EEWS (Earthquake Early Warning System) yang ditempatkan di sekitar Kepulauan Mentawai yang notabene pulau terdekat dari Sumber Gempabumi (Zona megathrusht).

“Rencanannya BMKG akan menempatkan 50 sensor Earthquake Early Warning System di Provinsi Sumatera Barat,” tegasnya.

Rahmat menekankan edukasi dan mitigasi perlu dibangun dan diperkuat sinergi antar akademia atay pakar, pihak swasta, masyarakat dan tokoh agama, pemerintah serta lembaga terkait.

Editor : Imam Solehudin

Reporter : Yesika Dinta

Copy Editor :

Mentawai Dekat Zona Megathrust, BMKG Siapkan 50 Peringatan Dini Gempa