alexametrics

Berikut Bukti Umat Beragama Indonesia Sangat Toleran

10 Februari 2018, 19:08:14 WIB

JawaPos.com – Ketua Komisi Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia ( MUI) Pusat 2010-2015, Manager Nasution mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman luar biasa. Ini merupakan takdir Illahi.

Indonesia, kata dia, memiliki 17.504 pulau. Sebanyak 7.870 pulau bernama dan 9.634 lainnya belum memiliki nama. Indonesia juga terdiri dari 1.340 suku dan enam agama yang diakui.

Dari empat ras etnis besar di dunia, Indonesia hampir lengkap keberagamannya. Ada Ras Melayu-Mongoloid, Ras Melanesoid, Ras Asiatic Mongoloid dan Ras Kaukasoid.

“Indonesia mampu bertahan dan sudah banyak diuji,” kata Manager, saat Forum Group Discussion (FGD) jelang Musyawarah Besar Pemuka Agama Untuk Kerukunan Bangsa di LPP AIKA UHAMKA.

Menurut Manager, terdapat tiga isu rekomendasi Dewan HAM PBB pada 25 Mei 2012 yang apat menjadi refleksi bagi Indonesia yakni harmoni, demokrasi dan kebebasan.

“Kerukunan sebagai implementasi dari harmoni ini bukan sebagai basa-basi, utamanya bagi Islam kepercayaannya yang mau menghormati perbedaan,” katanya, Sabtu, (10/2).

Soal toleransi, Muslim itu tasamuh. Mau menghormati perbedaan dan tidak ditemukan di negara lain. Umat beragama Indonesia sangat toleran dengan memiliki 17 tanggal merah nasional tiap tahun dan 10 di antaranya terkait keagamaan.

Hari libur keagamaan antara lain Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Paskah, Kenaikan Isa Al Masih, Imlek, Nyepi. Indonesia mengatur dengan menghormati setiap hari raya keagamaan. Ini menunjukkan toleransi yang luar biasa.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : (met/JPC)

Close Ads
Berikut Bukti Umat Beragama Indonesia Sangat Toleran